Argiansyah, Mohamad Ilham (2017) Pengembangan modul pembelajaran kontekstual berbasis inquiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kontekstual berbasis inquiri terbimbing pada materi usaha energi dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkan modul pembelajaran tersebut.. Penelitian ini meng-gunakan metode penelitian pengembangan dengan model Design Development Research (DDR), dengan tahapan planning, production, dan evaluation. Modul pembelajaran divalidasi oleh tiga validator yaitu ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran fisika. Hasil rata-rata nilai modul pembelajaran dari seluruh validator 81 dengan kategori layak digunakan dengan predikat baik. Penerapan modul dalam pembelajaran menggunakan metode pre experiment, dengan desain one group pretest posttest design. Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas X MIA MAS Al-Istiqomah, sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling diperoleh X MIA 2 sebanyak 30 orang. Hasil pepenerapan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan peserta didik setiap pertemuannya dengan rata-rata 85% dengan kategori baik sekali. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada sub materi perpindahan kalor sebesar 0,36 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan, modul pembelajaran kontektual berbasis inquiri terbimbing pada materi usaha dan energi layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul pembelajaran; kontekstual; inquiri terbimbing; keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Classical Mechanics, Solid Mechanics > Energy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 03:21 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 03:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32458 |
Actions (login required)
View Item |