Maulani, Ashri Rianti (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah: Penelitian dan pengembangan terhadap siswa kelas X MIPA 3 SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pemikiran tentang pentingnya pengembangan lembar kegiatan alternatif bagi siswa dalam mata pelajaran Biologi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan lembar kegiatan siswa berbasis predict-observe-explain pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Lembar Kegiatan Siswa dibuat dengan metode research and development (R&D) dan model desain ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu format uji kelayakan, soal tes dan angket respon. Format LKS yang dihasilkan divalidasi, hasil uji validasi empat ahli terhadap format LKS berbasis POE dinyatakan memenuhi syarat (valid), dengan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,97 dan hasil validasi uji keterbacaan diperoleh rata-rata 0,98 sehingga LKS berbasis POE berada pada kualifikasi layak dan produk siap diimplementasikan di lapangan. Berdasarkan analisis uji t-berpasangan nilai t hitung 23,72 > t tabel 2,04 → H0 ditolak dengan ∞5%, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan LKS berbasis POE. Sebagian besar siswa menunjukkan respon yang sangat baik terhadap penggunaan LKS berbasis POE dengan rata-rata 3,60 dan persentase 89,96% artinya siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis POE dan respon positif tersebut dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lembar kegiatan siswa; POE; hasil belajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:06 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32517 |
Actions (login required)
View Item |