Aini, Amalia (2019) Analisis kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem imun: Penelitian kualitatif di MAN 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru mengalami kendala dalam penyampaian materi kepada siswa. Kesulitan tersebut disebabkan karena faktor yang mempengaruhi siswa. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi sistem imun dilihat dari aspek indikator yang terdapat dalam silabus, mendeskripsikan faktor internal (minat dan bakat, serta kecerdasan siswa) yang menyebabkan siswa kesulitan belajar pada materi sistem imun, dan mendeskripsikan faktor eksternal (orang tua, guru, sarana prasarana, dan kejelasan soal) yang menyebabkan siswa kesulitan belajar pada materi sistem imun. Metode yang digunakan adalah jenis data kualitatif, dengan 60 subjek penelitian di kelas XI IPA di MAN 1 Bandung. Penarikan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpulan data terdiri dari tes kognitif, angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada level C5 (evaluasi), ditemukan 63% siswa mengalami kesulitan. Ditinjau dari faktor internal kesulitan belajar siswa terdiri dari tiga indikator yaitu minat siswa dengan persentase pengaruh 34%, kemampuan berpikir siswa dengan persentase pengaruh 32,8%, dan motivasi siswa dengan persentase pengaruh 33, 2%. Faktor internal kesulitan belajar siswa terdiri dari empat indikator yaitu guru mengajar dengan persentase pengaruh 34,08%, sarana prasarana dengan persentase pengaruh 33,50%, dan peran orang tua dengan persentase pengaruh 32,04%. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa dalam memahami indikator tertinggi berada pada level C5 (evaluasi). Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap minat dan bakat siswa sedangkan Faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Kesulitan; Kognitif; Hambatan |
Subjects: | Education > Psychology of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Amalia Aini |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 02:41 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 02:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32537 |
Actions (login required)
View Item |