Kirana, Ichsan Chandra (2020) Implementasi Pembelajaran Taḥsin AlQur’an pada Ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ) di SMA Negeri 1 Majalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (374kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Majalaya yang belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid/ilmu taḥsin Al-Qur’an. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak sekolah membuat satu solusi dengan mendirikan ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Program pembelajaran taḥsin Al-Qur’an yang terdapat di ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ), 2) Pelaksanaan program pembelajaran taḥsin Al-Qur’an yang dilaksanakan di ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ), 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran taḥsin Al-Qur’an di ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ), 4) Hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran taḥsin Al-Qur’an di ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ) di SMA Negeri 1 Majalaya. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori pembelajaran taḥsin AlQur’an. Pembelajaran taḥsin Al-Qur’an adalah suatu proses interaksi antara peserta didik, pendidik dan Al-Qur’an sebagai sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar untuk memberikan pengertian, pemahaman dan pengetahuan tentang membaca Al-Qur’an guna memperbaiki dan membaguskan bacaan Al-Qur’an seseorang sesuai dengan kaidah ilmu taḥsin Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi/studi dokumen. Tahapan penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti dimulai dari studi pendahuluan, proses penelitian, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh: 1) Program pembelajaran taḥsin Al-Qur’an di ekstrakurikuler MRQ terbagi menjadi dua yaitu program taḥsin dan tahfiẓ Al-Qur’an, 2) Pelaksanaan dari program pembelajaran taḥsin Al-Qur’an yang dilaksanakan oleh ekstrakurikuler MRQ terbagi delapan tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, melanjutkan materi pembelajaran, mengimplementasikan materi ilmu taḥsin Al-Qur’an, melakukan tes taḥsin Al-Qur’an, sesi bertanya, penyampaian perencanaan pembelajaran selanjutnya, dan penutup, 3) Faktor pendukung pembelajaran taḥsin Al-Qur’an yaitu semangat para anggota, kehadiran pelatih dan dukungan dari pembina. Faktor penghambatnya adalah fasilitas yang kurang memadai, kurangnya perhatian dari pihak sekolah dan minimnya acara keIslam-an yang diadakan oleh pihak sekolah, 4) Hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran taḥsin Al-Qur’an di ekstrakurikuler Majelis Remaja Qur’an (MRQ) di SMA Negeri 1 Majalaya sudah dapat dikatakan berhasil adanya peningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anggota ekstrakurikuler. Kata Kunci: Pembelajaran Taḥsin Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email ichsanchandra128@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:11 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32605 |
Actions (login required)
View Item |