Pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah terhadap laba operasional pada Bank Negara Indonesia Periode 2015-2019

Andini, Fitria (2020) Pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah terhadap laba operasional pada Bank Negara Indonesia Periode 2015-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan merupakan aktivitas bank syariah dalam menyalurkan dananya kepada pihak nasabah yang membutuhkan dana. Sistem pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah mempunyai hubungan yang erat dengan tingkat pendapatan yang di hasilkan oleh bank. Pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah Nampak nya berpengaruh bagi laba operasional bank dikarnakan merupakan salah satu pendapatan bagi bank dan merupakan salah satu penyaluran dana. Meningkatnya penerimaan dari pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah menunjukan kinerja bank tersebut semakin baik dalam pelaksanaan kegiatan usaha nya. Mengacuh pada pembahasan tersebut, semakin tinggi pembiayaan yang disalurkan, semakin tinggi pula laba yang akan di peroleh karena pendapatan yang didapatkan dari pembiayaan tersebut akan meningkatkan jumlah laba operasional bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap laba operasional pada PT Bank Negara Indonesia Syariah. Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan ijarah terhadap laba operasional pada PT Bank Negara Indonesia Syariah. Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah terhadap laba operasional PT Bank Negara Indonesia Syariah. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap laba operasional yang dimiliki. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah sebagai variabel independen dan laba operasional sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Bank Negara Indonesia Syariah .periode 2015-2019 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh BNI Syariah. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh signifikan terhadap laba operasional secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 141% di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Periode 2015-2019. 2) Perhitungan uji t menunjukkan bahwa pembiayaan ijarah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 159% di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Periode 2015-2019. 3) Perhitungan uji F menunjukkan bahwa pembiayaan mudharabah dan pembiayaan ijarah berpengaruh signifikan terhadap laba operasional secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 539% di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Periode 2015-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah; Pembiayaan Ijarah; Laba Operasional;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Administration of Economy
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: fitria andini pipit
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:11
Last Modified: 18 Aug 2020 06:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item