Pengaruh total piutang dan total pembiayaan bagi hasil terhadap total aset pada PT.Bank Syariah Bukopin Tbk. periode 2015-2019

Novitasari, Novitasari (2020) Pengaruh total piutang dan total pembiayaan bagi hasil terhadap total aset pada PT.Bank Syariah Bukopin Tbk. periode 2015-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Total aset merupakan hasil dari penjumlahan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi yaitu total piutang dan total pembiayaan bagi hasil. Piutang merupakan klaim kepada pihak lain atas uang, barang atau jasa yang didapat diterima dalam jangka waktu satu tahun, atau dalam siklus kegiatan perusahaan. Pembiayaan bagi hasil merupakan konsep pembiayaan yang adil dan memiliki nuansa kemitraan yang sangat kental. Hasil diperoleh dibagi berdasarkan perbandingan (nisbah) yang disepakati. Berdasarkan teori, kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap total aset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh parsial total piutang terhadap total aset di PT. Bank Syariah Bukopin, untuk mengetahui (2) Seberapa besar pengaruh parsial total pembiayaan bagi hasil terhadap total aset di PT. Bank Syariah Bukopin, untuk mengetahui (3) Seberapa besar pengaruh simultan total piutang dan total pembiayaan bagi hasil terhadap total aset di PT. Bank Syariah Bukopin. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis uji asumsi klasik, analisis desriptif dengan metode pendekatan kuantitatif, metode analisis regresi liniear sederhana dan regresi linier berganda, dan koefisien determinasi dengan menggunakan uji hipotesis uji t (parsial) dan uji F (simultan), untuk pengelolaan menggunakan program SPSS versi 26.0. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) variabel Total Piutang secara parsial berpengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap Total Aset sebesar 3,8% sedangkan sisanya sebesar 96,2% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti. (2) Total Pembiayaan Bagi Hasil secara parsial berpengaruh postif signifikan terhadap Total Aset sebesar 75,4% sedangkan sisanya 24,6% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti. (3) Secara simultan Total Piutang dan Total Pembiayaan Bagi Hasil berpengaruh positif signifikan terhadap Total Aset sebesar 81,0% sedangkan sisanya 19% dijelaskan variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Piutang; Total Pembiayaan Bagi Hasil; Total Aset;
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: novitasari novitasari
Date Deposited: 18 Aug 2020 06:12
Last Modified: 18 Aug 2020 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32632

Actions (login required)

View Item View Item