Pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung

Saway, Muhammad Hijrah M (2019) Pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi dalam meningkatkan kinerja guru di MA Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah yang baik adalah sekolah yang di dalamnya terdapat guru yang memiliki kinerja yang tinggi. Tinggi rendahnya kinerja guru dapat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti factor internal yaitu yg berkaitan dengan motivasi kerja dan disiplin, yang tak kalah penting adalah faktor eksternal seperti komunikasi atau hubungan guru dengan pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji fenomena masalah yang berkaitan dengan kinerja guru khususnya yang berkaitan dengan variable-variabel dalam penelitian ini yaitu komunikasi interpersonal guru dan motivasi berprestasi dalam meningkatkan kinerja guru. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi dari responden sumber data yang akan digunakan untuk menguji dan menganilisis pengaruh komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi dalam meningkatkan kinerja guru. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat, dalam tesis ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan tehnik survey. Populasi yang dijadikan sampel atau responden dalam penelitian ini sebanyak 60 orang guru di Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian-penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis utama dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Interpersonal Guru dan Motivasi Berprestasi berpengaruh positif secara signfikan dalam meningkatkan Kinerja Guru sebesar 68,65%, sedangkan sisanya sebesar 32,35% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Komunikasi Interpersonal Guru berpengaruh nyata terhadap Kinerja Guru sebesar 45,13%. Motivasi Berprestasi berpengaruh nyata terhadap Kinerja Guru sebesar 5,9%, Komunikasi Interpersonal dan Motivasi Berprestasi memiliki hubungan yang kuat dengan nilai 53,33%

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Guru; Motivasi Berprestasi; Kinerja Guru
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hijrah M Saway
Date Deposited: 24 Aug 2020 08:31
Last Modified: 24 Aug 2020 08:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32726

Actions (login required)

View Item View Item