Risna, Eka (2020) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan : Penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Plus Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dliatar belakangi dari hasil pengamatan situasi dan kondisi para siswa saat ini yang mengalami penurunan akhlak (moral decrease). Hal ini dikhawatirkan akan berdampak pada menurunnya pula rasa cinta terhadap tanah air secara tidak disadari. Tujuan dari penelitian diantaranya untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan dalam menghadapi era moral decrease ini terutama dampaknya pada pembentukan sikap cinta tanah diri dalam diri para siswa. Oleh karena hizbul wathan merupakan lembaga kepanduan yang bersifat Islami, maka kepanduan hizbul wathan dapat menjadi wadah dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam untuk mengatasi problematika pendidikan saat ini, yaitu penurunan akhlak yang terjadi pada para siswa (moral decrease). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui beberapa teknik pengumpulan data diantaranya : observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap 36 siswa yang merupakan anggota hizbul wathan SMA Muhammadiyah 3 Plus Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui metode internalisasi nilai dalam kegiatan latihan hizbul wathan, siswa di sekolah ini memiliki sikap solidaritas yang tinggi khususnya ditunjukkan oleh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler HW secara aktif. Sedangkan untuk nilai sikap moderasi dan toleransi masih terlihat kekurangan dalam sikap keterbukaan dan menerima perbedaan sehingga harus dilakukan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai; Pendidikan Agama Islam; Ekstrakurikuler Hizbul Wathan |
Subjects: | Education, Research Islam > Islamic Religious Education Education > Organization of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Risna |
Date Deposited: | 25 Aug 2020 03:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32729 |
Actions (login required)
View Item |