Efektivitas program Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan bimbingan kerukunan umat beragama tahun 2019

Mahbubi, Luthfi Anwar (2020) Efektivitas program Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dalam pelaksanaan bimbingan kerukunan umat beragama tahun 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi dengan masyarakatnya yang agamis dan heterogen, sehingga kerap terjadi intoleransi hingga gesekan yang mengancam kerukunan umat beragama. Program bimbingan kerukunan umat beragama yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dimaksudkan untuk menciptakan ketenteraman dan hubungan harmonis antar umat beragama. Ironisnya, riset indeks kerukunan umat beragama oleh Kementerian Agama tahun 2019 menunjukkan bahwa Jawa Barat menempati posisi ketiga dengan skor terendah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program bimbingan kerukunan umat beragama Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan hambatan dan upaya dalam pelaksanaan program bimbingan kerukunan umat beragama Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas Kebijakan Nugroho dengan indikator lima tepat yaitu: 1) tepat kebijakan; 2) tepat pelaksana; 3) tepat target; 4) tepat lingkungan; dan 5) tepat proses. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjawab permasalahan yang dikaji dengan pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan program bimbingan kerukunan umat beragama Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat belum semua berjalan efektif berdasarkan lima tepat efektivitas kebijakan yaitu tepat kebijakan, pelaksana, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses. 2) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut meliputi aspek sumber daya manusia, pemahaman target yang dibimbing, dan karakteristik masyarakat Jawa Barat yang beragam. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan adalah dengan melakukan pendelegasian kepada ASN di Kab/Kota, menurunkan capaian target pelaksanaan program bimbingan kerukunan umat beragama, dan melakukan sinkronisasi program sesuai program Kementerian Agama Pusat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Program; Kerukunan Umat Beragama
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Luthfi Anwar Mahbubi
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:38
Last Modified: 25 Aug 2020 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item View Item