Manajemen sumber daya manusia pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran: Studi kasus di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun 2015-2019

Rustaman, Atam (2019) Manajemen sumber daya manusia pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran: Studi kasus di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya Tahun 2015-2019. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah manajemen SDM pendidikan yang dikelola oleh madrasah-madrasah pada umumnya masih belum memadai. Padahal, MSDM pendidikan di madrasah, Khususnya Guru dan Tata Usaha, merupakan penggerak inti bermutu atau tidaknya suatu madrasah. Namun demikian, kini pemerintah maupun pengelola pendidikan mulai membenahi diri untuk memunculkan madrasah-madrasah yang baik. Salah satu madrasah yang menjadi perhatian masyarakat adalah MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya. Dari tahun ketahun mengalami peningkatan jumlah siswa, perestasi, baik akademik maupun non akademik yang menajdikan madrasah sebagai model dan kepercanyaaan masyarakat yang tinggi. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui: 1) Rekruitmen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya, 2) Pelatihan/Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya. Metode Penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara, dan studi dokumentasi. Yang menjadi sumber datanya adalah Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Guru dan Tata Usaha. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti mengajukan pertanyaan pertanyaan analitis dan mencatatnya sepanjang penelitian. Selanjutnya peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan cara melakukan pengamatan, triangulasi, dan diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses, langkah langkah dan persyaratan Rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 1 dan MAN 3 Kota Tasikmalaya telah terlaksana secara efektif. Seleksi yang dilakukan untuk mendapatkan guru yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan madrasah tersebut ialah dengan mengadakan seleksi administrasi berupa surat lamaran, Izajah, Perguruan Tinggi, latar belakang pendidikan. Bagi pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapat panggilan untuk mengikuti test wawancara akademik dan non akademik. 2) Pelatihan dan pengembangan di MAN 1 Kota Tasikmalaya sudah dilakukan secara maksimal dalam meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Dalam mencapai visi misi madrasah pelatihan dan pengembangan dilakukan sebagai berikut: pertemuan guru dalam rumpun mata pelajaran (MGMP), pelatihan PTK dan peningkatan kualitas guru IPS, IPA, Bahasa dan Agama, workshop penelitian ilmiah dan peningkatan pembelajaran guru, pelaksanaan pengembangan diri dalam MGMP Kemenag dan Dikbud, pendidikan dan pelatihan multimedia. 3) Faktor pendukung berjalannya manajemen SDM pendiidkan di MAN 1 dan MAN 3 adalah sudah terbentuknya peraturan, fasilitas sarana prasarana yang memadai dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambatnya adalah masih ada ketidak konsistenan antara peraturan yang dibuat madrasah dengan pelaksanaannya dan keterbatasan Madrasah dalam menyediakan dana atau keuangan sebagai penunjang usaha pengembangan profesionalisme guru dan staf.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen SDM Pendidikan; Mutu Pembelajaran
Subjects: Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: atam Rustaman
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:30
Last Modified: 26 Aug 2020 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32775

Actions (login required)

View Item View Item