Pola bimbingan dan penyuluhan melalui Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) dalam meminimalisir angka perceraian: Penelitian di KUA Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka

MD, Muhammad Rumli (2017) Pola bimbingan dan penyuluhan melalui Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) dalam meminimalisir angka perceraian: Penelitian di KUA Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pola bimbingan dan penyuluhan yang diadakan di KUA Kecamatan Rajagaluh untuk membantu calon pengantin agar memahami tugas dan hak kewajiban suami dan istri dengan adanya kursus calon pengantin (suscatin) diharapkan akan membantu calon pengantin menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, dan mengurangi angka perceraian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dorongan masyarakat untuk mengikuti kursus calon pengantin (suscatin), untuk mengetahui pelaksanaan kursus calon pengantin (suscatin), dan untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat terhadap pelaksanaan kursus calon pengantin (suscatin) di KUA Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Kerangka penelitian ini bertolak pada teori pemikiran bimbingan dan penyuluhan pranikah, untuk berumah tangga yang diberikan pada saat pranikah untuk persiapan membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Metode yang digunakan dalam penelitian inti yaitu metode kualitatif yakni memberikan gambaran mengenai fakta-fakta secara akurat dan sistematis tentang Pelaksanaan Kursus Calon Pengantin (suscatin) dalam Meminimalisir Angka Perceraian di KUA Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masalah kurangnya pengetahuan tentang tugas suami dan istri dapat diatasi melalui pelaksanaan kursus calon pengantin (suscatin) dan bisa berhasil dengan dilaksanakannya bimbingan tersebut. Dengan dilaksanakannya kursus calon pengantin (suscatin) ini, diharapkan calon pengantin sudah mengetahui tugas sebagai suami dan istri dan bisa memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: calon pengantin; bimbingan pra nikah; perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2020 06:22
Last Modified: 26 Aug 2020 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32786

Actions (login required)

View Item View Item