Pelaksanaan peran BBPOM Bandung dalam mengawasi peredaran obat tradisional jamu di Kota Bandung dihubungkan dengan Pasal 2 Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan

Akassah, Muhammad Danindra Cahya (2020) Pelaksanaan peran BBPOM Bandung dalam mengawasi peredaran obat tradisional jamu di Kota Bandung dihubungkan dengan Pasal 2 Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

BPOM yang telah diberi amanah oleh pemerintah sesuai Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 harus mengecek produk obat sebelum beredaran di pasaran juga melakukan pengawasan terhadap obat-obatan yang telah beredar dipasaran agar hak konsumen tidak dilanggar tetapi fakta dilapangan masih banyak obat ilegal dan berbahaya yang di perjual belikan. Berdasarkan dengan hal tersebut, penelitian ini merumuskan beberapa permasalahan mengenai pelaksanaan peran BPOM dalam mengawasi obat tradisional, kendala BPOM dalam mengawasi obat-obat tradisional ilegal dan mengandung zat berbahaya, upaya apa yang BPOM lakukan untuk memberantas obat-obatan ilegeal dan mengandung zat berbahaya agar tidak lagi beredaran dipasaran lagi. Pemikiran ini bertolak dari Peraturan Presdien Nomor 80 Tahun 2017 Tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perlindungan hukum dan teori pengawasan. Meteode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis. Metode penelitian deskriptif analisis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dikaitkan dengan teori-teori hukum dalam praktek pelaksanaan hukum yang menyangkut masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bentuk pengawasan berdasarkan Peraturan Presiden Nomoe 80 Tahun 2017 yang dilakukan BPOM di Bandung adalah melakukan pengawasan secara pre market dan juga post market. namun yang terjadi dilapangan masih banyakobat tradisional yang ilegal ditemukan yang dapat merugikan konsumen. Kendala yang BPOM hadapi diantaranya masih rendahnya pengetahuan dan kesadaran pelaku usaha untuk mendaftarkan obat-obat yang mereka buat. Upaya yang BPOM lakukan BPOM menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, mulai dari kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan. Membuka forum dengan produsen produsen untuk mengetahui Informasi peredaran obat palsu. BPOM akan memasang aplikasi QR Code untuk menjamin keaslian obat, Selanjutnya BPOM sering melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan pelaku usaha dan juga membuka unit pelayanan informasi konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BPPOM; obat tradisional; peran badan pemerintah; pengawasan peredaran obat; jamu
Subjects: Law > Philosophy and Theory of Law
Private Law
Private Law > Commercial Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Danindra Cahya Akassah
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:32
Last Modified: 28 Aug 2020 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32821

Actions (login required)

View Item View Item