Implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar induk Cianjur di Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Tahun 2019

Muslimah, Muslimah (2020) Implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar induk Cianjur di Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Tahun 2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lahirnya otonomi daerah sebagai kebutuhan di era globalisasi memberikan kesempatan terhadap daerah-daerah untuk membangun potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing. Salah satu pendapatan daerah berasal dari retribusi pasar. Pasar Induk Cianjur menjadi pasar utama di Kabupaten Cianjur, akan tetapi realisasi penerimaan bulanan retribusi sampai dengan bulan November masih jauh dari yang ditargetkan, permasalahannya adalah pedagang menolak kenaikan tarif retribusi karena kondisi pasar masih sepi, serta masih banyaknya angkutan umum yang belum masuk ke wilayah pasar Induk Cianjur. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar Induk Cianjur di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Tahun 2019 melalui dimensi yang dikemukakan oleh Edward III. Dalam penelitian ini mengacu pada teori implementasi kebijakan publik menurut Edward III untuk mengukur sejauhmana keberhasilan suatu implementasi kebijakan dilihat dari empat dimensi yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatifdeskriptif. Informan penelitian teridiri dari Kepala Bidang Perdagangan, Kepala Seksi Bina Usaha dan Sarana Perdagangan, Kepala UPTD Pasar Induk Cianjur, Kolektor Retribusi Pasar Induk Cianjur dan pedagang Pasar Induk Cianjur.Teknik pengumpulan data dengan obervasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Hubberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarik kesimpulan) Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan retribusi pelayanan pasar Induk Cianjur di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Peindustrian Kabupaten Cianjur Tahun 2019 belum berjalan dengan efektif. Hal ini disebabkan kondisi pasar yang masih sepi pembeli, tidak ditertibkannya pedagang di lokasi pasar yang lama, serta belum masuknya semua angkutan umum ke wilayah pasar sehingga pedagang enggan untuk menerima kenaikan retribusi sehingga berpengaruh pada realisasi penerimaan bulanan retribusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan; Retribusi Pasar; Pedagang Pasar; Pembeli; Angkutan Umum;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: muslimah muslimah
Date Deposited: 27 Aug 2020 06:42
Last Modified: 27 Aug 2020 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32822

Actions (login required)

View Item View Item