Pengaruh piutang murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Artha Fisabilillah Kabupaten Cianjur Periode 2011-2019

Nurhasanah, Sri (2020) Pengaruh piutang murabahah terhadap Non Performing Financing (NPF) pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Artha Fisabilillah Kabupaten Cianjur Periode 2011-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (771kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Piutang murabahah merupakan tagihan yang timbul dari transaksi jual beli yang dilakukan oleh nasabah kepada bank, dimana bank syariah membeli barang yang dibutuhkan nasabah lalu kemudian menjualnya kepada nasabah tersebut sesuai dengan harga perolehan dan margin yang telah disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perkembangan piutang Murabahah pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Artha Fisabilillah Kabupaten Cianjur, (2) perkembangan Non Performing Financing (NPF) pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Artha Fisabilillah Kabupaten Cianjur, (3) pengaruh piutang murabahah terhadap non performing financing pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Artha Fisabilillah Kabupaten Cianjur. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan BPRS Artha Fisabilillah periode 2011-2019 yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan dan browser. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana, analisis Korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi). Untuk analisis uji hipotesis menggunakan uji t. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan menggunakan SPSS For Windows 23.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan piutang murabahah di BPRS Artha Fisabilillah dari tahun 2011-2019 mengalami kenaikan dan penurunan secara fluktuatif. Perkembangan tertinggi terjadi pada pada triwulan 4 tahun 2019 sebesar 46,02%. Tingkat Non Performing Financing (NPF) di BPRS Artha Fisabilillah mengalami kenaikan yang terus menerus setiap periodenya. Kenaikan tertinggi terjadi pada triwulan 2 tahun 2014 sampai triwulan 3 tahun 2017 yaitu sebesar 8,75% sampai 75,56%. Dari hasil perhitungan menunjukan piutang murabahah ini memiliki kepengaruhan sebesar 2,1%. Dan thitung < ttabel (-0,850 < 2,034). Artinya H0 diterima dan Ha ditolak, ini menjelaskan bahwa piutang murabahah berpengaruh negatif tidak signifikaan terhadap Non Performing Financing (NPF). Maka faktor lain sebanyak 97,99% lah yang mempengaruhi tingkat Non Performing Financing (NPF) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Artha Fisabilillah yang tidak diteliti dalam penyusunan ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Murabahah; Non Performing Financing (NPF);
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Sri Nurhasanah
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:03
Last Modified: 03 Sep 2020 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32832

Actions (login required)

View Item View Item