Peran pembimbing dalam pembentukan konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Lidzikri

Mahisa, Dona (2020) Peran pembimbing dalam pembentukan konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Lidzikri. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Konsep diri memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, yang mana konsep diri seseorang akan berpengaruh terhadap prilakukanya. Individu yang memiliki konsep diri yang positif akan senantiasa percaya diri dan senantiasa yakin terhadap kemampuan dirinya, tidak sungkan menerima pujian maupun kritikan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui kondisi konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Yayasan Lidzikri, program pembimbing berkaitan dengan pembentukan konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Yayasan Lidzikri, peran pembimbing dalam pembentukan konsep diri positif anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Yayasan Lidzikri serta hasil pembentukan konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Yayasan Lidzikri. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara langsung dengan para pembimbing, dan para orang tua siswa. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Pengambilan data yang dilakukan dalam penenlitian ini yaitu melalui instrumen wawancara untuk menggali data serta informasi mendalam kepada informan yang terlibat di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Yayasan Lidzikri, penggunaan metode observasi partisipatif digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengamati langsung bagaimana peran guru pendamping dalam pembentukan konsep diri anak di TAAM Yayasan Lidzikri untuk memperoleh data yang diperlukan sesuai dengan keadaan lapangan. Peneliti menggunakan observasi langsung untuk memperoleh fakta-fakta tentang pembentukan konsep diri anak di TAAM Yayasan Lidzikri melalui peran guru sebagai pendamping anak. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan pembentukan konsep diri anak di TAAM Yayasan Lidzikri yaitu melalui peran pembimbing sebagai orang tua ke dua, pendidik, serta sebagai sahabat, dengan memanfaatkan metode bermain sambil belajar, pendidikan (education), dan Relathionship antara pembimbing dan anak. Adapun program yang berkaitan dengan pembentukan konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Lidzikri sendiri yaitu program Weekdays Class, Outting Class, dan Weekend Class. Hasil pembentukan konsep diri di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Lidzikri adalah adanya peningkatan prilaku positif yang pada anak. Peran yang dilakukan pembimbing dalam membangun hubungan yang akrab dengan anak sangat berpengaruh dalam pembentukan konsep diri pada anak, komunikasi yang dilakukan pembimbing dengan anak, pengadaan program yang melibatkan orang tua, serta penggunaan metode sesuai dengan usia perkembangan anak, merupakan hal-hal yang membentuk konsep diri anak di Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Lidzikri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran;Pembimbing;Konsep Diri;Anak;
Subjects: Indonesia
Islam
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dona Mahisa
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:03
Last Modified: 31 Aug 2020 01:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item