Pengaruh Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Periode 2016-2018

Miratussholihah, Mia (2020) Pengaruh Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan dalam hal ini Bank Syariah adalah dengan mengukur kemampuan bank dalam menghasilkan laba dengan mengelola aset yang ada. Hal ini dapat diukur dengan menggunakan rasio Return On Asset (ROA). Beberapa hal dapat mempengaruhi rasio Return On Asset (ROA), diantaranya yaitu kemampuan bank dalam mengelola aset dan kemampuan likuiditas bank. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti Pengaruh Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA) PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Periode 2016-2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Assets Utilization Ratio (AUR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) PT. BTPN Syariah; untuk menge¬ta¬hui pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) PT. BTPN Syariah; dan untuk mengetahui pengaruh Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) PT. BTPN Syariah. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi rasio Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Asset (ROA). Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah rasio Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) sebagai variabel independen dan Return On Asset (ROA) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa Laporan Keuangan PT. BTPN Syariah periode 2016-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah. Melalui penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Assets Utilization Ratio (AUR) secara parsial terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis thitung 0,413 ≤ ttabel 2,228 maka Ho diterima. (2) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis thitung 0,413 ≤ ttabel 2,228 maka Ho diterima. (3) Assets Utilization Ratio (AUR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis fhitung 0,153 ≤ ftabel 4,26 maka Ho diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Assets Utilization Ratio (AUR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return On Asset (ROA)
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Mia Miratussholihah
Date Deposited: 02 Sep 2020 08:27
Last Modified: 02 Sep 2020 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32948

Actions (login required)

View Item View Item