Manajemen pembelajaran tahfidzul Al-Qur’an metode Yadda’in: Penelitian di MI Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang

Noorfaizah, Rizqia Salma (2019) Manajemen pembelajaran tahfidzul Al-Qur’an metode Yadda’in: Penelitian di MI Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Plus Darul Hufadz dilatarbelakangi betapa pentingnya mempersiapkan generasi penerus yang hafal Al-Qur’an. Untuk mempersiapkan tersebut bukanlah hal yang mudah, untuk itu dibutuhkan suatu Pendidikan dari usia dini yang sangat mengetahui karakter anak sehingga mereka cinta dan tertarik untuk menghafal Al-Qur’an.. Namun seiring dengan perubahan yang dilakukan dalam menghafal Al-Qur’an telah banyak kemajuan yang telah dicapai sesuai dengan tujuan madrasah. Dalam meningkatkan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dibutuhkan perubahan dalam metode pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) latar alamiah, (2) perencanaan, (3) pengorganisasian, (4) pelaksanaan (5) pengawasan,(6) faktor pendukung dan penghambat, (7) hasil yang dicapai dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an metode yadda’in di MI Plus Darul Hufadz Cipacing Kabupaten Sumedang. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai fungsi manajemen menurut G.R Terry yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling untuk mencapai tujuan lembaga yang telah ditentukan. Sebagai suatu proses, manajemen pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an metode Yadda’in yang baik dapat dirinci menjadi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an agar dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan efisien. Pembelajaran menurut Haerana suatu kegiatan yang sangat kompleks, dimana kesuksesan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang mendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi/menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah deskriptif semata-mata dan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensi, kajian kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit untuk keikutsertaan kebergantungan, audit untuk kriteria kepastian. Dari hasil penelitian dan data yang didapatkan dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode yadda’in dilakukan dengan pengelolaan kelas yang baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perencanaan, pengorgansasian, pengawasannya sampai dengan mensukseskan tujuan didirikannya MI Plus Darul Hufadz. Perbaikan yang dilakukan dalam pembelajaran terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi. Adapun faktor pendukung dalam manajemen pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an metode Yadda’in, sumber daya yang bertanggung jawab dan mengayomi serta lingkungan yang kondusif dalam meningkatkan keterampilan menghafal Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya, yakni masih terdapat beberapa peserta didik yang masih kurang motivasi dalam menghafal Al-Qur’an. Pembelajaran Tahfidzul Al-Qur’an metode Yaddain menghasilkan peserta didik yang berprestasi dan berakhlak mulia serta menjadi generasi cinta Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tahfidzul Al-Qur’an; Yadda’in; metode pembelajaran;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:31
Last Modified: 01 Sep 2020 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32959

Actions (login required)

View Item View Item