Hidayat, Dadan (2020) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Match Mine. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Match Mine yang menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; dan (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Match Mine. Data penelitian dikumpulkan menggunakan soal tes PAM, soal tes kemampuan representasi matematis, serta angket sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model match mine. Penelitian ini dilakukan di SMP 2 Muhammadiyah Ciparay Bandung kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen pada materi Kubus dan Balok. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Match Mine dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM; dan (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Match Mine sebagian besar siswa memberikan respon positif. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Match Mine efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi matematis; match mine |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dadan Hidayat |
Date Deposited: | 01 Sep 2020 04:54 |
Last Modified: | 01 Sep 2020 04:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32960 |
Actions (login required)
View Item |