Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Bank Victoria syariah periode 2016-2019

Kifa, Qotty Kintani (2020) Pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return On Asset (ROA) di PT. Bank Victoria syariah periode 2016-2019. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Financing to Deposit Ratio (FDR) merupakan rasio yang membandingkan pembiayaan yang diberikan dengan dana pihak ketiga, semakin tinggi rasio ini maka semakin baik tingkat likuiditasnya namun tetap pada batas minimum dan maksimum yang telah ditentukan. Net Operating Margin (NOM) merupakan rasio untuk mengetahui kemampuan aktiva produktif dalam menghasilkan laba. Semakin tinggi rasio ini maka akan meningkatkan pendapatan bagi hasil atas aktiva produktif yang dikelola oleh bank, sehingga kemungkinan suatu bank dalam kondisi bermasalah kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), (2) Pengaruh Net Operating Margin (NOM) secara parsial terhadap Return On Asset (ROA), dan (3) pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank Victoria Syariah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode dekriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan triwulan PT. Bank Victoria Syariah periode 2016-2019 melalui website resmi PT. Bank Victoria Syariah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browser. Sedangkan untuk anlisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif ( analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, uji signifikansi uji t (parsial) dan uji signifikansi uji F (simultan). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan dengan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terbukti berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis thitung ≥ ttabel yaitu 3,473 ≥ 2,160 maka Ha diterima. (2) Net Operating Margin (NOM) secara parsial terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis thitung ≥ ttabel yaitu 3,698 ≥ 2,160 maka Ha diterima. (3) Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Net Operating Margin (NOM) secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) dengan hasil uji hipotesis Fhitung ≥ Ftabel yaitu 11,400 ≥ 3,89 maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR);Net Operating Margin (NOM);Return On Asset (ROA)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Qotty Kintani Kifa
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:52
Last Modified: 08 Sep 2020 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32963

Actions (login required)

View Item View Item