Penerapan media poster untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji: Penelitian tindakan kelas di Kelas III Mi Hayatul Islam Kabupaten Subang

Badriah, Ida Nurul (2019) Penerapan media poster untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji: Penelitian tindakan kelas di Kelas III Mi Hayatul Islam Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran akidah akhlak di kelas III MI Hayatul Islam Cileat Subang, bahwa kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Hal ini disebabkan karena ketika kegiatan pembelajaran hanya menerapkan metode ceramah dan proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Sehingga pembelajaran menjadi monoton dan berpengaruh terhadap kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diterapkannya media poster. Serta untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran akidah akhlak pokok bahasan akhlak terpuji di kelas III MI Hayatul Islam Cileat Subang. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya media pembelajaran yang tepat dan menarik sehingga mampu membangun semangat dan rasa ketertarikan dalam belajar siswa agar pembelajaran aktif dan hasil motivasi belajar optimal, termasuk media poster. Media poster merupakan media gambar yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi, saran atau ide-ide tertentu, sehingga dapat merangsang keinginan yang melihatnya untuk melaksanakan isi pesan tersebut. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan media poster diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Hayatul Islam sebanyak 14 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil motivasi belajar siswa sebelum menerapkan media poster masih sangat kurang yaitu rata-rata mencapai 31,5. Penerapan media poster berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru dan siswa mengalam peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 82,3% lalu meningkat pada siklus II sebesar 97,1%. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 76,4% lalu meningkat pada siklus II sebesar 91,1%. Adapun motivasi belajar siswa setelah menerapkan media poster mengalami peningkatan, pada siklus I skor rata-rata mencapai 48,7 lalu meningkat pada siklus II mencapai 68,3 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media poster; motivasi belajar; akidah akhlak;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Nurul Badriah
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:36
Last Modified: 14 Sep 2020 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32969

Actions (login required)

View Item View Item