Pengaruh Religious Culture terhadap pembentuan kepribadian peserta didik : Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IX SMPN 2 Cileunyi

Nursyifa, Dini Zakiyah Zaen (2020) Pengaruh Religious Culture terhadap pembentuan kepribadian peserta didik : Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IX SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis mengenai kondisi degradasi moral generasi bangsa Indonesia serta kepribadian yang sedang terjadi di era 4.0 ini juga didukung oleh hasil observasi penulis pada peserta didik kelas IX SMPN 2 Cileunyi berkenaan dengan kepribadiannya.Penerapan religious culture yang cukup vital namun kepribadian siswa yang tetap beragam di sekolah tersebut menjadi salah satu permasalah yang cukup menarik untuk penulis teliti. Tujuan penelitian ini yaitu dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana realitas penerapan religious culture dalam pembentukan kepribadian peserta didik. Hal ini dimaksudkan untuk memperjelas bahwa salah satu faktor pembentuk kepribadian peserta didik yang akan menjadi generasi penerus bangsa Indonesia adalah lingkungan sekolah. Hipotesis pada peneitian ini yaitu jika semakin tinggi penerapan religious culture disekolah tersebut, maka tingkat pembentukan kepribadian peserta didik akan semakin baik. Begitupun sebaliknya, apabila penerapan religious culture disekolah tersebut rendah, maka tingkat pembentukan kepribadian peserta didik pun akan semakin rendah. Penelitian ini adalah penilitian kuantitatif.Dengan menggunakan random sampling 60 peserta didik kelas IX SMPN 2 Cileunyi.Adapun teknik pengumpulan data, dilaksanakan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan religious culture dengan kepribadian peserta didik ini berkorelasi sedang, dengan koefisien korelasi 0,57 (yang tergolong pada kategori sedang). Adapun hasil uji pengaruh, hipotesis menunjukkan bahwa thitung< t tabel yakni 5,41< 55,1. Begitupun koefisien determinasi sebesar 18% menunjukkan bahwa terdapat pengaruh walaupun dalam tingkatan rendah, hal ini menandakan bahwa masih terdapat 82% faktor lain yang dapat mempengaruhi terbentuknya kepribadian peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Religious Culture;Pembentuan Kepribadian; Peserta Didik;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dini Zakiyah Zaen Nursyifa
Date Deposited: 02 Sep 2020 01:30
Last Modified: 02 Sep 2020 01:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32999

Actions (login required)

View Item View Item