Pungkasari, Revina (2020) Pola interaksi guru dengan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah inklusi: Penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
||
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini terfokus pada konsep teori interaksi simbolik yang dibesarkan oleh salah satu tokoh Sosiologi yang terkenal yaitu George Herbert Mead. Mead tertarik mengkaji lebih dalam pada teori Interaksi Simbolik, karena manusia mampu menghasilkan beberapa simbol yang bermakna dan berguna pula. Selanjutnya perilaku manusia lainnya dapat dipengaruhi oleh simbol yang diberikan manusia lain. Melalui simbol atau isyarat manusia dapat mengutarakan perasaan, maksud dan pikiran, begitupun sebaliknya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Oleh karena itu, menuturkan dan menafsirkan data yang berkenaan dengan situasi yang terjadi dan dialami sekarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang mampu menjawab permasalahan secara objektif dengan cara observasi lapangan dan wawancara kepada narasumber yang berkopeten. Selanjutnya data dianalisis dengan cara mereduksi data yang artinya merangkum data menjadi lebih jelas dan memilih hal-hal yang pokok memfokuskan pada hal-hal yang penting. Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas. Selanjutnya data disajikan dan kemudian diverivikasi sebelum mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kondisi anak berkebutuhan khusus yang sekolah di sekolah inklusi dapat berkembang dengan baik melalui proses belajar yang mereka ikuti, pendidikan karakter yang mampu membuat mereka mampu berinteraksi dengan masyarakat luas. Serta strategi guru dalam penerapan cara belajar dan cara berinteraksi dengan peserta didik berkebutuhan khusus, yakni dengan menetapkan metode dan kurikulum yang telah dimodifikasi oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola interaksi; guru; peserta didik berkebutuhan khusus |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Revina pungkasari |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 05:11 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 05:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33011 |
Actions (login required)
View Item |