Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank BRI Syariah periode 2016-2018

Putri, Nazmi Adinda (2020) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank BRI Syariah periode 2016-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada aktivitas yang dijalankan masyarakat sebagian besar berhubungan dengan uang yang melibatkan dunia perbankan, maka perbankan memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat untuk melaksanakan aktivitas. Kehadiran Perbankan syari’ah menjadi realisasi ekonomi islam sebagai alternatif dari ekonomi konvensional untuk Indonesia dengan populasi Muslim terbesar. Bank syariah mampu bertahan pada krisis perekonomian Indonesia dengan pertumbuhan pembiayaan bank syariah tetap tinggi dengan nilai Non performing Financing (NPF) yang rendah. Bank syari’ah harus menjaga kepercayaan nasabah dan investor yang diukur oleh Capital Adequacy Ratio (CAR ). Faktor diatas mempengaruhi Return On Assets (ROA) pada perbankan sebagai gambaran produktivitas bank dalam mengelola dana sehingga menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui seberapa besar : (1) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) (2) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) (3) Pengaruh Non Performing Financing (NPF) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada Bank BRI Syariah periode 2016-2018. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah ketika nilai Non performing Financing (NPF) mengalami penurunan, maka bank mampu menghasilkan laba lebih besar dan Return On Assets (ROA) akan mengalami kenaikan. Sedangkan jika semakin besar nilai Capital Adequacy Ratio (CAR) maka mencerminkan semakin baik kemampuan bank dalam menyediakan dana untuk menghadapi kemungkinan risiko kerugian, artinya ketika Capital Adequacy Ratio (CAR ) mengalami kenaikan maka semakin meningkat pula nilai Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan sumber data penelitian sekunder yakni data laporan keuangan triwulan Bank BRI Syariah periode 2016-2018 melalui situs resmi yaitu www.BriSyariah.co.id. Dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis Koefisien Determinasi, Analisis Uji Hipotesis untuk pengolahan data menggunakan program SPSS for windows versi 25, Microsoft excel 365 proplus, mircosoft word 365 proplus. Hasil analisis regresi menunjukan bahwa : (1) Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 28,4%. (2) Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 26.1%. (3) Non Performing Financing (NPF) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA) sebesar 36,5% (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: non performing financing, capital adequacy ratio, return on assets
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nazmi Adinda Putri
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:41
Last Modified: 24 Sep 2020 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33025

Actions (login required)

View Item View Item