Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019

Nopa, Muhamad (2020) Pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah hingga saat ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Secara sederhana, bank yang sehat adalah yang mampu menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Tingkat kesehatan bank tersebut dapat dilihat dari tingkat Financing to Deposit Ratio (FDR). Adapun begitu, agar perusahaan menjalankan kinerjanya dengan optimal, maka perusahaan hendaknya memenuhi asetnya guna memperlacar kinerjanya. Pemenuhan aset perusahaan ini selain berasal dari modal, pemenuhannya juga dapat berasal dari utang, perhitungannya dapat menggunakan rasio Debt to Asset Ratio (DAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019 secara parsial, pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019 secara parsial, serta pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) Terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019 secara simultan. Pada saat Debt to Asset Ratio (DAR) mengalami kenaikan nilai yang artinya perusahaan memburuk maka akan berdampak kepada kemampuan perusaahan dalam menghasilkan laba yang memburuk pula yang dapat dilihat dari penurunan nilai Return on Equity (ROE). Sedangkan financing to Deposit ratio (FDR) mengalami kenaikan nilai yang artinya perusahaan memburuk maka akan berdampak kepada kemampuan perusaahan dalam menghasilkan laba yang memburuk pula yang dapat dilihat dari penurunan nilai Return on Equity (ROE). Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian menggunakan uji analisis yaitu dengan analisis regresi, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 25. Data yang digunakan adalah data sekunder dari PT. Bank BNI Syariah periode 2017-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Equity (ROE).dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 1,154 dan ttabel = 2,228 atau 1,154 < 2,228. Sedangkan financing to Deposit ratio (FDR) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh memperoleh thitung = 2,311 dan ttabel = 2,228 atau 2,311 > 2,228. Adapun secara simultan Debt to Asset Ratio (DAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Equity (ROE). dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh Fhitung = 3,785 dan Ftabel = 4,26 atau 3,785 < 4,26.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: debt to asset ratio; financing to deposit ratio; return on equity
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Nopa
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:52
Last Modified: 03 Sep 2020 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33027

Actions (login required)

View Item View Item