Pengaruh Prepaid Expenses dan Accounts Receivable Third Parties terhadap Total Current Asset pada perusahaan sektor properti yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Total Bangun Persada Tbk. periode 2009-2018)

Fitriah, Nurlaelatul (2020) Pengaruh Prepaid Expenses dan Accounts Receivable Third Parties terhadap Total Current Asset pada perusahaan sektor properti yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Total Bangun Persada Tbk. periode 2009-2018). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perusahaan di Indonesia yang ingin memperluas kegiatan usahanya melalui pasar modal. Saham Syariah dalam bursa efek yang semakin berkembang di Indonesia, dinilai sebagai indikator maju atau mundurnya perekonomian negara ini. Perusahaan ini dipengaruhi oleh Prepaid Expenses dan Account Receivable Third Parties. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh prepaid expenses terhadap total current asset secara parsial. (2) Seberapa besar pengaruh account receivable third parties terhadap total current asset secara parsial. (3) Sseberapa pengaruh prepaid exspenses dan account receivable third parties terhadap total current asset secara simultan. Pada PT. Total bangun persada Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah Ketika nilai Prepaid Expenses Semakin tinggi nominal ini, menunjukkan bahwa perusahaan mampu menutupi risiko biaya dimuka dengan modal, hal ini berpengaruh terhadap pendapatan. Account Receivable Third Parties Jika piutag usaha bertambah maka total asset lancar pun akan bertambah, sebaliknya jika piutang usaha berkurang maka total asset lancar pun akan berkurang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif melalui pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang diperoleh dalam keuangan tahunan PT. Total bangun persada Tbk. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikan melalui uji t dan uji f Hasil analisis regresi menunjukan bahwa: (1) Prepaid expenses berdasarakan hasil perhitungan di dapat bahwa thitung<ttabel yaitu 3,506>2,306, maka disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya secara parsial variabel prepaid expenses berpengaruh signifikan terhadap variabel total current asset. 2) Account receivable third parties berpengaruh signifikan terhadap total current asset dengan thitung sebesar 21,709% dan koefisien determinasi sebesar 98,3%, dari hasil tersebut terlihat bahwa thitung<ttabel yaitu 21,709>2,306, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya secara parsial variabel accounts receivable third parties berpengaruh signifikan terhadap variabel terhadap total current asset. (3) Kemudian secara simultan prepaid expenses dan account receivable trird parties berpengaruh signifikan, dapat dilihat dari perolehan fhitung > ftabel yakni 239,243 > 4,74 dan koefisien determinasi sebesar 98,6% pada PT. Total bangun persada Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prepaid Expenses;Account Receivable Third Parties;Total Current Asset;
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nurlaelatul Fitriah
Date Deposited: 24 Sep 2020 04:37
Last Modified: 24 Sep 2020 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33028

Actions (login required)

View Item View Item