Pengaruh Net Imbalan (NI) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return on Assets (ROA) : Studi di Pt. Bank Panin Syariah, Tbk. periode 2016-2018

Putri, Nissa Nabilla Alamsyah (2020) Pengaruh Net Imbalan (NI) dan Net Operating Margin (NOM) terhadap Return on Assets (ROA) : Studi di Pt. Bank Panin Syariah, Tbk. periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas adalah salah satu aspek penting bagi bank syariah untuk menghasilkan laba. Return On Asset (ROA) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang berasal dari aktivitas investasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat Return On Asset (ROA) adalah Net Imbalan dan Net Operating Margin (NOM). Kedua rasio tersebut mampu mengukur kemampuan aktiva produktif dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh Net Imbalan secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), (2) pengaruh Net Operating Margin (NOM) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA), serta (3) pengaruh Net Imbalan dan Net Operating Margin (NOM) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Bank Panin Syariah Periode 2016-2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan keuangan PT. Bank Panin Syariah dalam website nya yaitu www.paninbanksyariah.co.id. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linier berganda, korelasi Pearson Product Moment (PPM), serta korelasi berganda, koefisien determinasi,dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Net Imbalan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA dengan nilai t_hitung < t_tabel yaitu −0,057 < 2,228 , untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,3% dan sisanya 99,7% dipengaruhi faktor lain; (2) NOM secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu 51,516>2,228 untuk nilai koefisien determinasi sebesar 99,6% dan sisanya 0,4% dipengaruhi faktor lain; (3) Net Imbalan dan NOM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai F_hitung> F_tabel yaitu =1.177,812>4,47, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 99,6% dan sisanya 0,4% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Imbalan (NI); Net Operating Margin (NOM); Return On Assets (ROA);
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: nissa nabilla alamsyah putri
Date Deposited: 08 Oct 2020 09:33
Last Modified: 08 Oct 2020 09:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item