Perubahan sosial ekonomi masyarakat agraris ke masyarakat industri pariwisata : Penelitian di desa Cibodas Kampung Babakan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Hasibuan, Harun Arrasyd (2020) Perubahan sosial ekonomi masyarakat agraris ke masyarakat industri pariwisata : Penelitian di desa Cibodas Kampung Babakan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bnadung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Mayoritas masyarakat Desa Cibodas Kampung Babakan banyak yang menggantungkan hidupnya sebagai petani dan peternak, Kehidupan sehari-hari masyarakatnya tidak terlepas dari kegiatan di perkebunan. Keterampilan untuk bekerja sebagai petani merupakan keterampilan yang di peroleh sejak kecil, karena pekerjaan sebagai petani merupakan keahlian secara turun temurun sehingga masyarakat sudah merasa dekat dengan pertanian. Namun dengan berjalannya waktu masyarakat agraris yang dicirikan sebagai petani berubah mata pencahariannya menjadi bekerja di industri pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perubahan masyarakat Kampung Babakan dari masyarakat agraris menuju masyarakat industri pariwisata, mengetahui dampak positif dan negatif dari perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, dan untuk mengetahui bagaimana upaya masyarakat dalam meningkatkan perekonomian setelah semakin berkembangnya industri pariwisata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Herbert Spencer tentang Evolusi Sosial sebagai perubahan yang biasa dalam masyarakat dan terjadi secara bertahap dari masyarakat sederhana menuju masyarakat yang lebih kompleks hingga sampai ke masyarakat yang di cita-citakan yaitu masyarakat modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskritif. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari beberapa informan yaitu, kepala Desa, pegawai pariwisata, pedagang, petani, karang taruna. Adapun data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan foto hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat Desa Cibodas Kampung Babakan mengalami perubahan sosial ekonomi dari masyarakat agraris ke masyarakat industri pariwisata, yang melatar belakangi terjadinya perubahan di masyarakat karena semakin berkembangnya pariwisata yang ada, hal tersebut menarik perhatian warga masyarakat untuk ikut bekerja di industri pariwisata. Faktor pendukung dalam perubahan sosial adanya tanggung jawab dari pihak pengelola pariwisata untuk bekerjasama dengan masyarakat dengan cara memberdayakan masyarakat sebagai pekerja pariwisata. Dalam sektor ekonomi tentunya mengubah sebagaian masyarakat Desa Cibodas dalam meningkatkan hasil perekonomian masyarakatnya. Banyak masyarakat yang membuka usaha-usaha baru seperti kuliner makanan, Hotel-hotel penginapan dan pedagang-pedagang kecil untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Agraris; Industri; Pariwisata
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Harun Arrasyd Hasibuan
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:31
Last Modified: 11 Sep 2020 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33036

Actions (login required)

View Item View Item