Pemberdayaan ekonomi kyai melalui komunitas Ikatan Sejahtera Kyai Muda (ISTAKIM) : Studi kasus pada komunitas kyai muda desa Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi

Maryam, Siti (2020) Pemberdayaan ekonomi kyai melalui komunitas Ikatan Sejahtera Kyai Muda (ISTAKIM) : Studi kasus pada komunitas kyai muda desa Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy

Abstract

Kyai merupakan salah satu tokoh penting di negara mayoritas Muslim seperti Indonesia. Berdakwah merupakan kegiatan utama bagi seorang Kyai. Namun, penghasilan dari berdakwah tersebut belum cukup mampu mewujudkan kemandirian ekonomi pada sebagian Kyai terutama pada Kyai yang jauh dari pusat kota. Hal ini menyebabkan tidak adanya alternatif bagi kyai dalam mencari sumber penghasilan. Maka dari itu perlu adanya diversifikasi sumber penghasilan bagi Kyai, salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi. Salah satu komunitas yang bergerak dalam pemberdayaan ekonomi Kyai ini ialah komunitas Ikatan Sejahtera Kyai Muda yang ada di Desa Buniwangi Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dari pemberdayaan ekonomi kyai melalui Komunitas Ikatan Sejahtera Kyai Muda (ISTAKIM), dan juga untuk mengetahui peluang dan hambatan yang ada pada komunitas tersebut. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan dari Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa inti dari pemberdayaan meliputi proses dan tujuan. Pemberdayaan sebagai suatu proses merupakan rangkaian kegiatan untuk menguatkan potensi yang dimiliki masyarakat. Sedangkan pemberdayaan sebagai tujuan merujuk pada keadaan masyarakat setelah adanya pemberdayaan, dengan kata lain tujuan dari pemberdayaan adalah hasil yang dicapai dari permbedayaan itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci dan mendetail mengenai objek yang sedang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, klasifikasi data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, proses pemberdayaan ekonomi Kyai yang ada pada komunitas ISTAKIM meliputi proses pembekalan dan pengarahan, pemberian bantuan modal, pembinaan dan yang terakhir ialah monitoring dan evaluasi. Kedua, hasil dari pemberdayaan ekonomi Kyai melalui komunitas ISTAKIM ialah adanya lapangan pekerjaan bagi para Kyai muda dan juga adanya peningkatan ekonomi. Ketiga, memproduksi pakan secara mandiri dan pengolahan telur itik menjadi peluang bagi ISTAKIM sedangkan hambatannya ialah dari segi cuaca, harga pakan yang tinggi dan juga kepengurusan yang belum optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi; Komunitas; Kyai;
Subjects: Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Maryam
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:32
Last Modified: 07 Sep 2020 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33038

Actions (login required)

View Item View Item