Ulfiyah, Ulya (2020) Pengaruh intensitas Game Online di rumah terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam : Penelitian di kelas XI IPS SMA Al-Islam Cibiru Bandung. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang membawa dampak positif maupun negatif. Sementara itu usia SMA sangat rentan terhadap berbagai tantangan teknologi. Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa salah satunya dipengaruhi oleh game. Dengan demikian, guru PAI wajib membangkitkan motivasi belajar, agar siswa tidak terpengaruh oleh game online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Realitas intensitas game online di rumah terhadap siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam Kabupaten Bandung. (2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS di SMA Al-Islam Kabupaten Bandung. (3) Pengaruh intensitas game online di rumah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS di SMA Al-Islam Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari asumsi bahwa tinggi rendahnya motivasi belajar siswa dipegaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya intensitas game online di rumah. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara intensitas game online di rumah terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasi yaitu untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh antara intensitas game online di rumah terhadap motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji normalitas data, linier regresi, dan korelasi. Menghitung dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, intensitas game online di rumah (variabel X) menunjukkan kualifikasi sedang, dengan nilai 2,79. Yang berada pada interval 2,60- 3,39. Motivasi belajar siswa (variabel Y) menunjukkan kualifikasi cukup, dengan nilai 3,10. Yang berada pada interval 2,60- 3,39. Antara kedua variabel tersebut terdapat hubungan yang cukup dengan koefisien korelasi 0,49 yang berada pada sekala 0,40-0,60. Karena berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh thitung sebesar 3, 807 dan diperoleh ttabel sebesar 2,011. Dengan demikian maka thitung (3,807) > ttabel (2,011). Artinya hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan antara intensitas game online di rumah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sementara itu derajat pengaruh intensitas game online di rumah terhadap motivasi belajar siswa yaitu 24% yang artinya masih terdapat 76% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian terdapat pengaruh antara intesitas game online di rumah dengan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Online; Motivasi Belajar; PAI; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ulya Ulfiah |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 00:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 00:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33063 |
Actions (login required)
View Item |