Nugraha, Agung Eka (2020) Penanaman nilai-nilai akhlak santri melalui kegiatan pramuka wajib di pondok pesantren Al-Basyariyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak merupakan aspek yang sangat penting dari kuliatas suatu bangsa. Sebab baik buruknya masyarakat dalam suatu negara tergantung pada bagaimana akhlaknya. Akhlak yang berkualitas perlu dibentuk, dibina dan ditananamkan sejak usia dini. Maka dari itu pada setiap lembaga pendidikan diperlukan adanya penanaman nilai-nilai akhlak sejak pertama kali duduk dibangku sekolah, salah satunya melalui kegiatan pramuka wajib. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al-Basyariyah, (2) Mengetahui nilai akhlak apa saja yang ditanamkan pada siswa dikegiatan pramuka, (3) Mengetahui proses penanaman nilai-nilai akhlak pada kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al-Basyariyah, (4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al-Basyariyah, (5) Mengetahui hasil penanaman nilai-nilai akhlak melalui kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al-Basyariyah. Pramuka wajib merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang sangat relevan sebagai wadah penanaman nilai akhlak. Nilai akhlak yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut: religius, jujur, toleransi, disiplin, sopan, kerja keras, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. Peserta didik jangan hanya diajarkan tentang akhlak baik, tapi perlu dibiasakan, dilatih secara konsisten, diberi tauladan yang baik, menjadi kebiasaan yang akhirnya peserta didik mempunyai akhlak yang baik. Salah satunya melalui kegiatan pramuka wajib. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data penulis menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data kemudian mendisplay data berupa uraian singkat dan menyimpulkan secara fleksibel agar menjawab rumusan masalah yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak melalui kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al-Basyariyah dengan menanamkan nilai-nilai akhlak yang ada pada dwidarma dan dasadarma dapat direalisasikan dengan baik. Hasil itu dilihat dari kehidupan santri sehari-hari dilingkungan pesantren, santri terlihat memiliki akhlak yang lebih baik serta melalui evaluasi penilaian yang dilakukan oleh guru dan pembina pramuka. Dengan demikian, kegiatan pramuka wajib layak untuk digunakan sebagai sarana penanaman nilai-nilai akhlak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanaman; nilai; akhlak; pramuka |
Subjects: | Islam > Islamic Leaders Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Agung Eka Nugraha |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 02:38 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 02:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33068 |
Actions (login required)
View Item |