Peran majelis taklim dalam menanggulangi perilaku menyimpang remaja: Penelitian tentang menanggulangi penyimpangan perilaku pada remaja di Desa Kembangkuning Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta

Mukarromah, Zihan Zahrotul (2017) Peran majelis taklim dalam menanggulangi perilaku menyimpang remaja: Penelitian tentang menanggulangi penyimpangan perilaku pada remaja di Desa Kembangkuning Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Majelis Taklim merupakan tempat dimana masyarakat dapat menambah ilmu agamanya agar terhindar dari hal-hal yang tidak penting. Majelis Taklim juga termasuk kedalam macam dari pendidikan nonformal, yang mana pendidikan nonformal ini berfungsi sebagai pelengkap dari pendidikan formal. Seperti halnya di Desa Kembangkuning, setiap malam terdapat remaja yang tidak mengikuti pengajian rutin yang ada di Majelis Taklim, mereka hanya nongkrong di depan rumahnya sampai larut malam. Bahkan di lingkungan mereka yang kental dengan ilmu agamanya pun masih terdapat anak remaja perempuan yang melakukan hubungan seksual di bawah umur dan mengakibatkan hamil diluar nikah. Hal ini sangat disayangkan, karena Majelis Taklim yang selalu mengadakan pengajian disana seperti tidak berguna bahkan tidak berperan dalam kasus seperti itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Pendidikan nonformal anak remaja yang mulai menurun, sehingga banyaknya anak remaja yang setiap malamnya tidak menggunakan waktunya untuk mengaji di majelis taklim. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori anomie Robert K Merton, terdapat lima cara mengatasi anomie, yaitu konformitas, inovasi, ritualisme, pengasingan diri, dan pemberontakan (keempat yang terakhir merupakan perilaku menyimpang). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan dan menjelaskan yang ada di lapangan. Dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan di Desa Kembangkuning. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa Majelis Taklim Al-Hidayah tidak cukup membantu dalam menanggulangi penyimpangan perilaku pada remaja. Karena dari pihak Majelis Taklim hanya mengadakan penyuluhan kepada orangtuanya dengan membuat orangtua menceritakan perkembangan anaknya dan pemimpim pengajian di Majelis Taklim tersebut memberikan nasihat dan wejangan-wejangan ilmu agama yang harus diterapkan pada anak mereka pada saat pengajian di Majelis Taklim Al-Hidayah, namun hal ini masih tidak dapat menanggulangi perilaku menyimpang yang terjadi dikalangan remaja. Upaya yang telah dilakukan Majelis Taklim ini tidak dapat cukup membantu mengatasi permasalahan yang terjadi di Desa Kembangkuning. Maka dari itu peneliti berharap agar pihak Majelis Taklim dapat berkontribusi dalam membantu menanggulangi perilaku menyimpang dengan upaya yang lebih baik dari apa yang telah disampaikan peneliti dalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: majelis taklim; remaja; perilaku menyimpang
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:10
Last Modified: 10 Nov 2020 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33123

Actions (login required)

View Item View Item