Pengaruh Growth Opportunity dan Return On Assets terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indocement tunggal Prakarsa, Tbk. Periode 2009-2018

Fitria Hanifah, Syifa (2020) Pengaruh Growth Opportunity dan Return On Assets terhadap Cash Holding pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Indocement tunggal Prakarsa, Tbk. Periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya perusahaan untuk melakukan cash holding (penahanan kas) guna menjaga likuiditas perusahaan. Tingkat likuiditas sangat erat kaitannya dengan ketersedian kas pada perusahaan. Cash holding dapat digunakan dalam kegiatan operasi maupun membayar kewajiban perusahaan. Ketersediaan kas di perusahaan dipengaruhi oleh growth opportunity (peluang pertumbuhan) dan Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh growth opportunity secara parsial terhadap cash holding pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh Return On Asset (ROA) secara parsial terhadap cash holding PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk; untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh growth opportunity dan Return On Asset (ROA) secara simultan terhadap cash holding PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Growth opportunity (peluang pertumbuhan) yang tinggi akan paling menderita jika tidak memiliki kas (cash holding) yang siap untuk digunakan dengan cepat dalam mengambil keuntungan dari suatu peluang. Sedangkan Return On Assets (ROA) merupakan indikator keberhasilan perusahaan atas pengelolaan kekayaan (aset) yang dimiliki perusahaan, dengan meningkatnya Return On Asset (ROA) dapat menghasilkan keuntungan atau laba berdampak pada kepemilikan kas (cash holding) yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial growth opportunity tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding, hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 1,400 dan koefisien determinasi sebesar 19,7%. Secara parsial Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding, hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung 1,220 dan koefisien determinasi sebesar 15,7%. Kemudian secara simultan growth opportunity dan Return On Asset (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap cash holding, hal ini ditunjukan oleh nilai F hitung 1,080 dan koefisien determinasi sebesar 23,6% pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Growth Oppotunity; Return On Assets; Cash Holding
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: syifa fitria hanifah
Date Deposited: 07 Sep 2020 08:40
Last Modified: 07 Sep 2020 08:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33157

Actions (login required)

View Item View Item