Pengaruh taxes payable dan accrued expenses terhadap total current liabilities pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. periode 2009-2018

Budiman, Aldiansyah (2020) Pengaruh taxes payable dan accrued expenses terhadap total current liabilities pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Hutang adalah semua kewajiban keuangan perusahaan kepada pihak lain yang belum terpenuhi, dimana hutang ini merupakan salah satu sumber dana atau modal perusahaan dan harus dibayar oleh perusahaan di waktu yang akan datang. Utang merupakan instrumen yang sangat sensitif terhadap nilai perusahaan,semakin tinggi proporsi utang jangka pendek, maka akan mempengaruhi nilai perusahaan karena jumlah liabilitas jangka pendek juga akan memgalami kenaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Taxes Payable secara parsial terhadap Total Current Liabilities; 2) Pengaruh Accrued Expenses secara parsial terhadap Total Current Liabilities; 3) Pengaruh Taxes Payable dan Accrued Expenses secara simultan terhadap Total Current Liabilities pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Taxes Payable dan semakin tinggi Accrued Expenses, maka akan semakin tinggi Total Current Liabilities. Adapun variabel-variabel yang digunakan adalah Taxes Payable dan Accrued Expenses sebagai variabel independen dan Total Current Liabilities sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode deskripif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder runtun waktu yaitu laporan keuangan PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. Periode 2009-2018 yang berasal dari halaman website yang disediakan oleh PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk yaitu http://semenindonesia.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial Taxes Payabe tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Liabilities dengan kontribusi sebesar 4,9%. Sedangkan sisanya sebesar 95,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (2) Secara parsial Accrued Expenses tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Liabilities dengan kontribusi sebesar 6%. Sedangkan sisanya sebesar 94% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; (3) Secara simultan Taxes Payable dan Accrued Expenses tidak berpengaruh signifikan terhadap Total Current Liabilities dengan kontribusi sebesar 11,2%. Sementara sisanya sebesar 88,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: taxes payable; accrued expenses; total current liabilities
Subjects: Islam > Islam and Economics
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Aldiansyah Budiman
Date Deposited: 09 Sep 2020 00:28
Last Modified: 09 Sep 2020 00:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33200

Actions (login required)

View Item View Item