Penerapan konseling melalui teknik motivasi dalam proses pembinaan disiplin siswa : Penelitian di SMP PUI Gegesik-Cirebon

Noviananda, Fitri (2019) Penerapan konseling melalui teknik motivasi dalam proses pembinaan disiplin siswa : Penelitian di SMP PUI Gegesik-Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap individu pasti mempunyai kepentingan yang berbeda. Hal ini mengakibatkan banyak kepentingan individu yang satu sama lainnya saling bertentangan, yang apabila tidak diatur maka akan menimbulkan suatu kekacauan. Maka perlu diciptakan suatu aturan atau norma. Peraturan atau norma ini berlaku pada suatu masyarakat dan suatu waktu. Norma sendiri ada yang disebut dengan norma agama, norma hukum, norma kesusilaan, dan norma kesopanan. Norma yang secara tegas melindungi kepentingan manusia dalam pergaulan hidupnya adalah norma hukum, lembaga, organisasi baik swasta maupun pemerintah pasti memiliki hukum yang harus ditaati. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tujuan membentuk manusia yang berkualitas, tentunya sangat diperlukan suatu aturan guna mewujudkan tujuan tersebut. Lingkungan sekolah khususnya tingkat SMP yang berangotakan remaja-remaja yang sedang dalam masa transisi, sangat rentan sekali terhadap perilaku yang menyimpang. Oleh karena itu diperlukan suatu hukum atau aturan yang harus diterapkan di sekolah yang bertujuan untuk membatasi setiap perilaku siswa. Peniltian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan tentang penerapan konseling melalui teknik motivasi dalam proses pembinaan disiplin siswa. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk motivasi pembinaan disiplin siswa, materi atau penyampaian yang disampaikan pada siswa dalam tujuan disiplin siswa. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa remaja-remaja saat ini sudah terkontraminasi dalam era globalisasi saat ini. Dengan demikian sebagai orang tua kedua bagi siswa-siswi, pihak sekolah atau guru mempunyai kewajiban untuk mengarahkan dan mendidik siswa kepada pergaulan yang benar. Landasan pemikiran ini tentunya harus memiliki revelansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini.teori yang digunakan yaitu dengan landasan pemikiran deskriptif. Fokus kepada suatu permasalahan yang dituju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Karena tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, wawancara, dan pengumpulan data bertempu pada observasi yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan zaman yang sangat pesat dan terus menerus menawarkan perubahan, telah menunutut individu secaara sadar atau tidak untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Permasalaha demi permasalahan turut mengiringi perubahan yang terjadi di setiap sisi kehidupan. Hasil penelitian menguatkan bahwa penerapan konseling melalui teknik motivasi dalam proses pembinaan disiplin siswa adalah sebagai acuan untuk mengurangi dampak disiplin siswa. Sebagai acuan untuk meningkatkan disiplin siswa dengan baik. Hal ini mengandung arti bahwa dalam kehidupan manusia dimana pun berada pasti memerlukan tata tertib. Tata tertib adalah patokan seseorang untuk bertingkah laku sesuai yang diharapkan oleh keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dalam lingkungan sekolah tata tertib diperlukan untukm menciptakan kehidupan sekolah yang kondusif dan penuh dengan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Pembinaan; Disiplin; Siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fitri Noviananda
Date Deposited: 09 Sep 2020 01:47
Last Modified: 09 Sep 2020 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33218

Actions (login required)

View Item View Item