Bisri, M. Rais Umam (2019) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Forum Islamic Student di SMAN 16 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam adalah suatu proses memasukan nilai-nilai agama secara penuh ke dalam hati, sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran Islam. Seperti halnya kegiatan ektrakulikuler FIS (Forum Islamic Student) di SMAN 16 Kota Bandung merupakan bentuk upaya internalisasi agar siswa dapat meningkatkan perilaku akhlaknya dengan baik. Namun kenyataan menunjukan masih banyak siswa yang tawuran, mabuk-mabukan di kelas pada saat jam istirahat, melakukan perkelahian dengan temannya, berperilaku tidak sopan kepada guru, pergaulan bebas dengan sesama teman, sering tidak masuk sekolah dan membolos pada jam sekolah. Maka perlu adanya wadah sebagai terobosan, yang diterapkan di sekolah tersebut baik di kelas atau di luar kelas. Tujuan penelitian ini, terfokus pada kegiatan, nilai-nilai, proses internalisasi dan hasil dari internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Forum Islamic Student di SMAN 16 Kota Bandung. Teori dalam penelitian ini memakai pendapat Neong Muhajir yang dikutip oleh Muhaimin, bahwa tiga tahapan yang mewakili proses terjadinya internalisasi, yaitu transformasi, transaksi dan transinternalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu untuk menggambarkan, dan melukiskan data yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan. Adapun dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan tahapan reduksi data, display data dan kongklusi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, kegiatan ekstrakurikuler FIS (Forum Islamic Student) di SMAN 16 Kota Bandung diwujudkan melalui program harian, mingguan dan tahunan, Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam yang ada di Ekstrakurikuler Forum Islamic Student di SMAN 16 Kota Bandung yaitu penamanan nilai nilai Itiqodiya, Khuluqiyah dan Amaliya yang memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian siswa, Ketiga, proses internalisasi diwujudkan melalui tahap pemberian pengetahuan dan Pemahaman, tahap pembiasaan, tahap transnternalisasi, tahap kebutuhan, dan tahap evaluasi, Keempat, hasilnya, terlihat pada prilaku keagamaan berupa pembiasaan diri para siswa sehari-hari yang bermuara pada akhlak mulia, juga prestasi akademiknya yang rata-rata bagus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi; Nilai Pendidikan Islam; Forum Islamic Student; |
Subjects: | Islam > Organizations of Islam Islam > Islamic Religious Education Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 06:23 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33280 |
Actions (login required)
View Item |