Shandria, Rega Alamsyah (2019) Implementasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan ibadah haji dan umrah : Studi deskriptif di KBIH Al-Fikri Tour Majalaya Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (452kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
Abstract
KBIH Al-Fikri memiliki pengelolaan secara jelas dan tranparansi yang sehat sehingga pelayanan terus meningkat. Memiliki rancangan dalam penyusunan program untuk melayani para calon Jemaah haji secara optimal, namun dalam peningkatan sebuah pelayanan harus ada aspek material dan non material dengan ilmu manajemen yang bisa meningkatkan pelayanan menjadi lebih efektif Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manajemen perencanaan dalam pelayanan KBIH Al-Fikri; (2) Untuk mengetahui program cara meningkatkan pelayanan ibadah haji dan umrah; (3) Untuk mengetahui cara hasil implemetasi manajemen perencanaan pelayanan ibadah haji dan umrah. Teori yang digunakan dalam menunjang penelitian ini adalah teori manajamen, pelayanan, tentang KBIH dan juga teori mengenai pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, teori yang terkait dengan ibadah haji ditunjang oleh dasar hukum Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, jenis data yang di gunakan adalah kulitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan juga sekunder adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan study dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Perencanaan sebagai formulasi tindakan untuk masa depan diarahkan pada tujuan yang akan dicapai oleh organisasi. Jadi semua perencanaan ini harus diproses secara menyeluruh, karena suatu sasaran yang mengendalikan pada aktivitas yang dilakukan agar kita bersama untuk mencapai tujuan tertentu. Kedua, program dan perencanaan tak dapat dipisahkan karena memiliki hubungan erat diawali dengan penyusunan rencana program, kebijakan, visi dan misi merupakan suatu langkah yang sangat tepat. Ketiga, hasil implemetasi menjadi daya tarik bagi lembaga karena proses aktivitas dimulai dari perencanaan hingga program ini dapat menciptakan manajemen yang baik dalam melaksanakan aktivitas yang telah ditentukan. Hal ini yang perlu mendapat perhatian ialah penilaian dikalangan lembaga itu sendiri, sebab semua aspek pertimbangan menjadi sasaran yang sangat tepat karena diwaktu yang akan datang akan mengoptimalkan perencanaan yang baik. Dengan demikian, penelitian ini menemukan bahwa implementasi manajemen perencanaan pelayanan bagi jemaah haji harus selalu melakukan peningkatan, supaya Jemaah haji merasakan kepuasan. Kepercayaan juga sangat penting supaya Jemaah haji yang belum mendaftar menjadi tertarik supaya mendaftar ke KBIH Al-Fikri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen;Perencanaan;Pelayanan;Ibadah Haji dan Umrah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Rega Alamsyah Shandria |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 01:27 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 01:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33288 |
Actions (login required)
View Item |