Upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas karakter siswa: Penelitian di SD Negeri Dago Cianjur

Amelia, Silpi (2020) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas karakter siswa: Penelitian di SD Negeri Dago Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, bahwa guru PAI di SD Negeri Dago melakukan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas karakter siswa, dalam menanggulangi masalah yang menjadi faktor penyebab perilaku siswa yang buruk. Seperti tidak menghormati guru dan orang tua, merokok, pergaulan bebas, berprilaku tidak jujur dan lain sebagainya. Maka pendidikan karakter perlu di tanamkan dalam menanggulangi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk : (1) mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas karakter siswa (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas karakter siswa (3) mendeskripsikan keberhasilan guru PAI dalam meningkatkan kualitas karakter siswa. Pendidikan karakter perlu di tingkatkan melalui metode pembiasaan, dilakukan dengan pembiasaan untuk berprilaku positif dan menjauhi prilaku negatif. Maka dengan hal ini guru PAI melakukan langkah-langkah peningkatan kualitas karakter melalui metode pembiasaan yang dilakukan dengan kegiatan pembiasaan shalat duha, pembacaan ayat suci al-qur’an dan kegiatan marawis. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh : (1) guru PAI melakukan sebuah upaya melalui metode pembiasaan yaitu kegiatan program shalat duha, pembiasaan pembacaan ayat suci al-qur’an dankegiatan marawis. (2) faktor pendukung kegiatan pembiasaan tersebut yaitu adanya sarana pra sarana yang menunjang kegiatan tersebut seperti mushola untuk melaksanakan shalat duha, alat-alat kegiatan marawis untuk latihan, dan antusias siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kemudian faktor penghambatnya yaitu ketika adanya musim kemarau seingga kesulitan air untuk berwudhu disekolah. (3) keberhasilan penerapan metode pembiasaan ini yaitu meningkatnya karakter religius yang diterapkan melalui kegiatan shalat duha dan kegiatan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan meningkatnya karakter percaya diri, kreatif dan pekerja keras yang di terapkan melaui kegiatan marawis. Dengan berjalannya program pembiasaan ini sehingga berdampak pada prestasi siswa yang dihasilkan dengan berbagai penghargaan dalam perlombaan, selain itu setelah berjalannya program pembiasaan ini, dapat dilihat dari akhlak siswa yang meningkat jadi lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya; Guru Pendidikan Agama Islam; Karakter
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: silpi amelia
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:06
Last Modified: 11 Sep 2020 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33293

Actions (login required)

View Item View Item