Rahman, Mu'thiya Zhilla (2020) Hubungan pola asuh pengasuh dengan kecerdasan emosional santri remaja : Penelitian di pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (711kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini diawali dengan melihat sikap remaja yang banyak melakukan kenakalan remaja yang diakibatkan oleh kurangnya keterampilan emosional. Di Pesantren beberapa santri remaja melakukan kenakalan remaja dan setiap santri remaja memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikannya. Pihak pesantren pun memiliki cara tersendiri untuk mendisiplinkan sikap santri dan menyelesaikan permasalahan yang dilakukan oleh santri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pola asuh yang diterapkan pesantren dengan kecerdasan emosional santri remaja dalam mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, berempati, dan membina hubungan dengan orang lain, dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang terdapat diantara keduanya. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada teori yang memiliki relevansi, teori yang digunakan adalah teori kecerdasan emosional menurut Goleman. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan individu dalam mengenali emosi, mengontrol emosi, memotivasi diri, berempati, dan membina hubungan dengan orang lain, kecerdasan emosional dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu cara mendidik atau pola asuh, kondisi kesehatan, lingkungan, bimbingan yang diberikan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner kepada 36 santri Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf sebagai responden. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling yang populasi nya sudah ditentukan dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil dari analisis mengenai Hubungan Pola Asuh Pengasuh Santri dengan Kecerdasan Emosional Santri Remaja di Pesantren Yatim dan Dhuafa Al-Kasyaf adalah terdapat hubungan dengan signifikansi sebesar 0,048 dengan besar koefisien sebesar 0,331 atau 33,1% yaitu adanya hubungan yang rendah diantara dua variabel. Proses pola asuh yang diterapkan kepada santri adalah demokratis dan otoriter. Kecerdasan emosional yang dimiliki remaja dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh; Kecerdasan Emosi; Remaja |
Subjects: | Education > Psychology of Education Philosophy and Theory of Literatures > Psychology of Literatures |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Muthiya Zhilla Rahman |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 06:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 06:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33421 |
Actions (login required)
View Item |