Strategi mempertahankan kepercayaan publik melalui program Peduli Ekonomi : Penelitian di Lembaga Amil Zakat DT Peduli

Fitria, Wafa Miladiatul (2020) Strategi mempertahankan kepercayaan publik melalui program Peduli Ekonomi : Penelitian di Lembaga Amil Zakat DT Peduli. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Strategi mempertahankan kepercayaan memiliki peran yang besar bagi lembaga amil zakat DT Peduli yakni sebagai optimalisasi layanan kepada publik. Program peduli ekonomi merupakan program unggulan untuk memberdayakan masyarakat menengah ke bawah di pedesaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. DT Peduli berwenang dan memiliki tanggung jawab besar atas keberhasilan lembaga zakat dalam mempertahankan kepercayaan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi DT Peduli dalam mempertahakan kepercayaan publik melalui program peduli ekonomi. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep kepercayaan dengan empat dimensi yang digunakan yaitu integritas, kompetensi, konsistensi dan transparansi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruktivisme dengan pendekatan interpretif dan metode penelitian deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Mempertahankan Kepercayaan Publik Melalui Program Peduli Ekonomi yang dilakukan oleh DT Peduli melalui empat dimensi. Pertama, dimensi integritas yakni DT Peduli membat file project integrasi interkoneksi antar program yang di dalamnya ada program desa tangguh untuk memberdayakan masyarakat miskin melalui pilar ekonomi dengan menciptakan program desa ternak mandiri dan program usaha tani mandiri. Kedua, dimensi kompetensi yakni DT Peduli melakukan dua cara pada kompetensi yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia dan sosialisasi program. Peningkatan kualitas dilakukan dengan cara para pengurus dibekali pengetahuan dan keterampilan yang meliputi tentang zakat, agama, program dan fundraising. Sedangkan sosialisasi program yang dilakukan DT Peduli dilakukan dengan dua cara yakni sosialisasi media online dan sosialisasi media offline. Ketiga, dimensi konsistensi, DT Peduli secara konsisten melibatkan donatur di setiap kegiatan yang dilakukan,tujuannya untuk memperluas relasi dan optimalisasi layanan bagi donatur. Keempat, dimensi transparansi, pada DT Peduli melakukan transparansi dengan dua cara, yakni publikasi media sosial dan siaran di televisi dan radio. Publikasi di media sosial dilakukan untuk mempermudah DT Peduli dalam menyampaikan informasi kepada publik dan untuk menjangkauh donatur yang sudah melek teknologi, sedangkan siaran di televisi dan radio dilakukan agar informasi yang disampaikan DT Peduli bisa dijangkau oleh semua kalangan dengan gambar dan audio yang lebih baik. Simpulan penelitian ini bahwa Lembaga Amil Zakat DT Peduli telah melaksanakan strategi mempertahankan kepercayaan publik melalui program peduli ekonomi. ENGLISH : The strategy of maintaining trust has a big role for the amil zakat institution DT Peduli, namely as the optimization of services to the public. The economic care program is a flagship program to empower middle and lower class communities in rural areas to improve people's lives. DT Care is authorized and has a great responsibility for the success of the zakat institution in maintaining public trust. This study aims to determine the strategy of DT Peduli in maintaining public trust through economic care programs. The concept used in this study is the concept of trust with four dimensions, namely integrity, competence, consistency and transparency. The paradigm used in this research is constructivism with an interpretive approach and qualitative descriptive research methods, while the data collection technique used is interviews. The results showed that the Strategy for Maintaining Public Trust through the Economic Care Program carried out by DT Peduli through four dimensions. First, the dimensions of integrity, namely DT Peduli create interconnection integration project files between programs in which there is a strong village program to empower the poor through economic pillars by creating an independent livestock village program and an independent farming program. Second, the competency dimension, namely DT Peduli, does two ways of competence, namely improving the quality of human resources and program socialization. Improving the quality of human resources is carried out by providing the management with knowledge and skills covering zakat, religion, programs and fundraising. Meanwhile, the program socialization carried out by DT Peduli was carried out in two ways, namely online media socialization and offline media socialization. Third, the consistency dimension, DT Peduli consistently involves donors in every activity carried out, the aim is to expand relationships and optimize services for donors. Fourth, the transparency dimension, DT Peduli implements transparency in two ways, namely social media publications and broadcasts on television and radio. Publications on social media are carried out to make it easier for DT Peduli to convey information to the public and to reach donors who are already technology literate, while broadcasts on television and radio are carried out so that the information conveyed by DT Peduli can be reached by all groups with better images and audio. The conclusion of this research is that the amil zakat institution DT Peduli has implemented a strategy of maintaining public trust through an economic care program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Kepercayaan Publik; Program Peduli Ekonomi.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Wafa Miladiatul Fitria
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:35
Last Modified: 16 Sep 2020 06:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33433

Actions (login required)

View Item View Item