Hubungan pola asuh oleh pengasuh santri dengan pembiasaan mendirikan shalat dhuha: Penelitian terhadap santri putra kelas VIII Pondok Modern Al-Aqsha Jl. CibeusiNo.2, Jatinangor Kabupaten Sumedang

Jaelani, Reza (2020) Hubungan pola asuh oleh pengasuh santri dengan pembiasaan mendirikan shalat dhuha: Penelitian terhadap santri putra kelas VIII Pondok Modern Al-Aqsha Jl. CibeusiNo.2, Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari permaslahan pada santri, dimana prilaku santri selalu berbeda saat di pondok pesantren dan saat dirumah. Terlebih saat dirumah santri akan merasa bebas dari aturan yang mengekang santri. Salah satu program yang wajib dilaksanakan oleh santri adalah melaksanakan ibadah shalat dhuha. Oleh karena itu, penelitian ini mencari hubungan antara pola asuh oleh pengasuh santri dengan pembiaasaan mendirikan shalat dhuha santri saat dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diberikan kepada santri, bagaimana pembiaaan shalat dhuha santri saat dipondok, dan mencari hubungan dari pola asuh oleh pengasuh snatri dengan pembiiasaan santri mendirika shalat dhuha santri saat dirumah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Adapun alat ukur dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan data pendukung melalui wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 188 santri putra. Diambil jumlah sampel untuk responden dengan menggunakan teknik purposivesampling otomatis. Sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 35 orang. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini diambil berdasarkan dari permasalahan yang terjadi pada santri di pondok pesantren. Pola asuh pada dasarnya merupakan sikap dan kebiasaan orangtua atau pengasuh yang diterapkan saat mengasuh dan membesarkan anak dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan anak dari aspek afektit dan kognitif baik atau buruknya tergantung dari pola asuh yang diberikan oleh pengasuh kepada anak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan keterkaitan anatra pola asuh pengasuh santri dengan pembiasaan mendirikan shalat dhuha pada santri saat dirumah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil dari analisis mengenai hubungan pola asuh oleh pengasuh santri dengan pembiasaan mendirikan shalat dhuha yaitu nilai sig>α = 0.837 > 0.05. jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dengan signifikani sebesar 0.837 atau jika dipersentasekan sebesar 83,7%. Hasil ini di dapat dari penyebaran angket sebanyak 45 item kepada 35 responden. Proses pola asuh yang diberikan kepada santri memliki peran yang cukup signifikan bagi proses perkembangan santri. Kebiasaan yang santri lakukan merupakan implementasi dari pola asuh yang diberikan oleh pengasuh. Realitas dilapangan, bahwa saat dirumah santri senan tiasa terbiasa untuk mendirikan shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Pembiasaan; Shalat Dhuha
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Reza Jaelani
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:01
Last Modified: 17 Sep 2020 03:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33460

Actions (login required)

View Item View Item