Peran ikatan remaja masjid Al-Huda dalam pembinaan akhlak : Pada masjid Al-Huda Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung

MARDIANTI, SITI (2020) Peran ikatan remaja masjid Al-Huda dalam pembinaan akhlak : Pada masjid Al-Huda Desa Sukarame, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Dalam fenomena ini banyak sekali kalangan remaja yang melakukan patologi sosial untuk kenikmatan yang sesaat,krisis moral yang dilakukan remaja sehingga berkurangnya akhlak dan rasa sosial dalam masyrakat,tidak sedikit yang mengeluh akan prilaku penyimpangan sosial di kalangan masyrakat. Sangat diharapkan sekali adanya pembinaan terhadap remaja yang kurang baik dengan adanya ikatan remaja masjid al-huda dapat membawa ke arah yang lebih baik sehingga terwujud generasi muda yang islam dan bertaqwa kepada Allah SWT . Tujuan dari adanya pembinaan akhlak remaja ini sebagai wadah perkumpulan para remaja masjid dalam melakukan aktivitas dan mengembangkan kreativitas dilingkungan yang islami dalam menciptakan generasi remaja yang berakhlak al-karimah dan bertaqwa kepada Allah SWT. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori behavioristik yang merupakan teori perkembangan prilaku dalam pembinaan terhadap remaja masjid. Teori behavioristik ini merupakan teori yang memiliki asumsi untuk merepleksi atas tingkah laku sendiri serta mengontrol prilakunya karena teori behavioristik ini menitik beratkan pada prilaku individu karena adanya stimulus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,informasi dalam penelitan ini adalah pembina, pengurus dan anggota ikatan remaja masjid. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi ini untuk mengumpulkan data. Organisasi Ikatan remaja masjid al-huda sangat berperan dan berpengaruh dalam pembinaan akhlak terhadap remaja, adanya Ikatan remaja masjid al-huda ini merupakan tujuan dari terbentuknya IRAMA sebagai wadah para remaja dalam membentuk akhlak yang baik dan menjadi generasi muda islam yang bertaqwa kepada Allah SWT. Dalam penelitian ini, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ikatan remaja masjid al-huda telah berhasil 75% dalam pembinaan remaja mencegah kenakalan remaja di daerah Kabupaten Bandung, Desa Sukarame, Kecamatan Pacet yaitu dengan mengajak para remaja untuk ikut ke dalam kegiatan-kegiatan positif yang diadakan Ikatan remaja masjid, seperti mengadakan pengajian, muhadoroh,santunan anak yatim & panti jompo, bakti sosial, dan kerja bakti. Melalui beberapa kegiatan tersebut remaja yang berperilaku negatif,dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan sehingga dapat berubah secara perlahan-lahan ke arah yang lebih baik. Kata Kunci: Ikatan Remaja Masjid, Pembinaan,Akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ikatan Remaja Masjid; Pembinaan; Akhlak;
Subjects: Islam > Mosques
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti mardianti
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:26
Last Modified: 17 Sep 2020 03:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33474

Actions (login required)

View Item View Item