Laela, Alif (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Remap-Gi terhadap HOTS pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan pada abad 21 mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun berdasarkan hasil PISA menunjukkan HOTS siswa masih tergolong rendah. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan melatih kemampuan HOTS dalam pembelajaran melalui penggunaan LKPD berbasis Remap-GI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, analisis kelayakan LKPD, dan analisis peningkatan HOTS siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Losarang dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli, materi, tiga guru mata pelajaran biologi, dan 15 orang siswa kelas IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan terhadap LKPD. Hasil rata-rata kelayakan sebesar 85,27% dengan kategori sangat valid, hasil rata-rata uji keterbacaan siswa sebesar 3,69 dengan kategori sangat baik, dan terjadi peningkatan HOTS siswa sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis Remap-GI mengalami perbaikan dari para ahli, bersifat sangat valid dan sangat baik, serta mampu meningkatkan HOTS siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem ekskresi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu LKPD ini dapat digunakan untuk menguji peningkatan kemampuan-kemampuan lainnya, serta dapat dilakukan penelitian pengembangan LKPD dengan menggunakan model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan kemampuan HOTS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; Remap-GI; HOTS; |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Alif Laela |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 05:47 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 05:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33499 |
Actions (login required)
View Item |