Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Remap-Gi terhadap HOTS pada materi sistem ekskresi

Laela, Alif (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Remap-Gi terhadap HOTS pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pada abad 21 mengharuskan siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun berdasarkan hasil PISA menunjukkan HOTS siswa masih tergolong rendah. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan melatih kemampuan HOTS dalam pembelajaran melalui penggunaan LKPD berbasis Remap-GI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, analisis kelayakan LKPD, dan analisis peningkatan HOTS siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Losarang dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli, materi, tiga guru mata pelajaran biologi, dan 15 orang siswa kelas IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan terhadap LKPD. Hasil rata-rata kelayakan sebesar 85,27% dengan kategori sangat valid, hasil rata-rata uji keterbacaan siswa sebesar 3,69 dengan kategori sangat baik, dan terjadi peningkatan HOTS siswa sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis Remap-GI mengalami perbaikan dari para ahli, bersifat sangat valid dan sangat baik, serta mampu meningkatkan HOTS siswa sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi sistem ekskresi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu LKPD ini dapat digunakan untuk menguji peningkatan kemampuan-kemampuan lainnya, serta dapat dilakukan penelitian pengembangan LKPD dengan menggunakan model pembelajaran lain yang dapat meningkatkan kemampuan HOTS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD; Remap-GI; HOTS;
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alif Laela
Date Deposited: 17 Sep 2020 05:47
Last Modified: 17 Sep 2020 05:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33499

Actions (login required)

View Item View Item