Pengaruh Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham : Studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018

Nuraeni, Winda (2020) Pengaruh Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham : Studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Harga saham mencerminkan dari nilai perusahaan. Jika perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan tersebut akan banyak diminati oleh para investor. Prestasi baik yang dicapai perusahaan dapata dilihat di dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan (emiten). Harga saham sangat ditentukan dari penawaran dan permintaan akan saham itu sendiri, semakin banyak orang yang menjual sahamnya maka harga saham cenderung bergerak turun, sebaliknya semakin banyak orang yang membeli saham maka harga saham akan cenderung bergerak naik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Harga Saham, (2) pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham, (3) pengaruh Earning Per Share terhadap Harga Saham, (4) seberapa besar pengaruh Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham. Metode penelitian yan digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018. Jumlah perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia hingga 2018 adalah sebanyak 71 perusahaan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu 32 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa (1) Return On Assets (ROA) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham, hal ini terlihat pada t hitung lebih besar dari t tabel (-2,376 > 2,04841) dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05. (2) Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga saham hal ini terlihat pada t hitung yang lebih kecil dari t tabel (1,237 < 2,04841) dan signifikansi dengan nilai 0,226>0,05. (3) Earning Per Share (EPS) erpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham, hal ini terlihat pada t hitung lebih besar dari t tabel (5,978 > 2,04841) dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05. (4) Secara simultan Return On Assets (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh siginifikan jika dilihat dari F hitung lebih besar dari F tabel (12,760>2,95) dengan siginifikansi sebesar 0,000< 0,05. Berdasarkan nilai koefisiensi determinasi (R-square) pada hasil regresi, perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 0,743. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel independen yang diteliti dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 57,8%, sedangkan 42,52% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA);Net Profit Margin (NPM);Earning Per Share (EPS);Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Winda Nuraeni
Date Deposited: 18 Sep 2020 02:14
Last Modified: 18 Sep 2020 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33521

Actions (login required)

View Item View Item