Penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Pegadaian Syariah: Studi kasus atas kelalaian kasir dalam memperpanjang masa rahn di Unit Pegadaian Syariah Johar Karawang

Atoriah, Hilmiah (2020) Penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Pegadaian Syariah: Studi kasus atas kelalaian kasir dalam memperpanjang masa rahn di Unit Pegadaian Syariah Johar Karawang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Sengketa adalah suatu keadaan dimana adanya ketidak serasian atau tidak sejalan diantara dua belah pihak atau lebih. Seperti yang dialami oleh nasabah Unit Pegadaian Syariah Johar Karawang dalam melakukan transaksi memperpanjang masa rahn terdapat kesalahan pada data yang dimasukan oleh kasir Unit Pegadaian Syariah Karawang, sehingga yang terjadi adalah data nasabah lain yang kasir perpanjang masa rahnnya, dan berdampak pada pelelangan benda jaminan yang seharusnya tidak terjadi pada nasabah yang telah memperpanjang masa rahnnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian sengketa ekonomi syariah atas kasus kelalaian kasir dalam memperpanjang masa rahn yang ada di Pegadaian Syariah dikaitkan dengan model penyelesaian sengketa yang berdasarkan tradisi hukum islam dan atau berdasarkan aturan hukum yang berkembang di Indonesia. Ekonomi syariah adalah ekonomi yang berprinsip pada syariat Islam salah satu diantara ruang lingkup ekonomi syariah yaitu rahn. Rahn adalah transaksi utang piutang yang mena penerima pinjaman utang menjaminkan benda berharganya kepada pemberi utang tentunya berdasarkan prinsip syariah. Dalam kegiatan ekonomi termasuk rahn tak ayal jika suatu saat ada sebuah ketidak serasian yang menyebabkan sebuah sengketa. Penyelesaian sengketa terkhusus penyelesaian sengketa ekonomi syariah terdapat beberapa macam metode untuk menyelesaikannya, diantaranya ada as shulh atau disebut perdamaian, tahkim yang mana di Indonesia dikenal dengan Arbitrase, dan wilayat al qadha penyelesaian yang ditempuh dengan cara jalur pengadilan. Metode peneltian yang digunakan dalam peneltian ini adalah deskriptif dengan jenis studi kasus, yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada suatu kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Dalam hal ini yaitu mengamati dan menganalisis kasus kelalaian kasir dalam memperpanjang masa rahn di Unit Pegadaian Syariah Johar Karawang. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu hasil dari observasi dan wawancara serta data sekunder diambil dari sumber yang relevan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian mengenai metode penyelesaian sengketa ekonomi syariah berdasarkan hukum islam terdapat 1) as shulh, 2) Tahkim, dan 3) wilayat al qadha, sedangakan yang berkembang di Indonesia saat ini bisa ditempuh secara pengadilan dan di luar pengadilan yang mana sesuai UU No 30 Tahun 1999 yaitu dengan arbitrases serta alternatip penyelesaian sengketa dimana terdiri dari konsultasi, mediasi, negosiasi, konsiliasi, dan penilaian para ahli, serta bisa ditempuh dengan jalur pengadilan. Sedangkan dalam kasus penelitian penyelesaian yang ditempuh yaitu mengacu pada klausul akad musyawarah untuk mufakat berdasarkan hukum islam termasuk kepada metode penyelesaian as shulh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa; Ekonomi Syariah; Rahn;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Hilmiah Atoriah Tsauri
Date Deposited: 21 Sep 2020 00:27
Last Modified: 21 Sep 2020 00:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33574

Actions (login required)

View Item View Item