Proses rebranding pada lembaga penyiaran publik TVRI: Studi kasus pada kegiatan manajemen rebranding di lingkungan TVRI Stasiun Jawa Barat Jalan Cibaduyut Raya no.269 Kota Bandung

Razak, Muhammad Ibnu (2019) Proses rebranding pada lembaga penyiaran publik TVRI: Studi kasus pada kegiatan manajemen rebranding di lingkungan TVRI Stasiun Jawa Barat Jalan Cibaduyut Raya no.269 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Ditengah menjamurnya kompetisi siaran baik ditelevisi swasta maupun televisi publik dengan berbagai macam konten isi siaran yang bervariasi membuat TVRI sebagai salah satu Lembaga Penyiaran Publik harus bisa menyesuaikan dengan trend dan perubahan zaman saat ini. Apalagi menurut pandangan publik bahwa TVRI sebagai lembaga penyiaran publik memiliki citra kurang menarik. Rebranding merupakan sebuah kegiatan kegiatan komunikasi serta usaha pembentukan ulang dan pembaharuan identitas baru dari brand yang terjadi perubahan besar-besaran didalamnya dengan tujuan menjadikan citra brand tersebut menjadi lebih baik meskipun harus merubah nilai-nilai didalam brand (merek) tersebut. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rebranding dan manajemen penerapannya pada Lembaga Penyiaran Publik TVRI di lingkungan TVRI Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan konsep POAC dan rebranding sebagai acuan penelitian, konsep POAC terdiri dari tahap perencanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat, tahap pengorganisasian kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat, tahap pelaksanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat, dan tahap pengawasan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Penelitian ini adalah penelelitian kualitatif dengan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivsime. Penggunaan metode studi kasus dalam penelitian ini bertujuan untuk mempelajari serta menggali informasi yang lebih mendalam pada subjek yang lebih spesifik dengan menggunakan unsur how and why, sehingga dalam penelitian ini akan diketahui proses rebranding pada lembaga penyiaran publik TVRI di lingkungan TVRI Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding di LPP TVRI Jawa Barat, yaitu; (1) Perencanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jawa Barat tidak memiliki perencanaan khusus karena terjadi miskomunikasi;(2) Pengorganisasian yang dilakukan dalam kegiatan rebranding di LPP TVRI Jabar adalah dengan membentuk tim rebranding khusus dan melakukan pengorganisian pengelolaan anggaran; (3) Pelaksanaan kegiatan rebranding di lingkungan TVRI Jabar dilakukan dengan melakukan sosialisasi, penggunaan atribut baru dan properti sesuai manual book, terakhir adalah dengan membuat desain untuk on air maupun off air sesuai super grafis; (4) Pengawasan dilakukan dengan pengawasan secara langsung, pengawasan pengelolaan dana, dan pengawasan dalam bentuk laporan (LPJ). Muhammad Ibnu Razak: Rebranding Process in TVRI Public Broadcasting Institutions (Case Study on Rebranding Management in West Java TVRI Environment Jalan Cibaduyut Raya No.269 Bandung City). Amidst the mushrooming of broadcast competitions both private and public television with a wide variety of varied broadcast content, TVRI as one of the Public Broadcasting Institutions must be able to adjust to current trends and changes. Especially according to the public's view that TVRI as a public broadcasting institution has an unattractive image. Rebranding is an activity of communication activities as well as efforts to re-form and renew the new identity of a brand that occurs massive changes in it with the aim of making the brand image better even though it must change the values within the brand (brand). The purpose of this research is to find out the process of rebranding and management of its application in the TVRI Public Broadcasting Institution in the West Java TVRI environment. This study uses the POAC concept and rebranding as a research reference, the POAC concept consists of the planning stage of rebranding activities in the TVRI West Java environment, the stage of organizing rebranding activities in the TVRI West Java environment, the stage of carrying out rebranding activities in TVRI West Java, and the supervision stage of rebranding activities in the TVRI West Java environment. The method used in this research is a case study method with a qualitative approach and a constructivism paradigm. This research is a qualitative research with a paradigm used in this research is a constructivist paradigm. The use of the case study method in this study aims to study and explore deeper information on more specific subjects by using elements of how and why, so that in this study the rebranding process will be known in the TVRI public broadcasting institutions in the West Java TVRI environment. The results showed that the rebranding process at LPP TVRI West Java, namely; (1) Planning rebranding activities in the TVRI West Java environment does not have special planning due to miscommunication, (2) Organizing carried out in rebranding activities in LPP TVRI Jabar is by forming a special rebranding team and organizing budget management; (3) The implementation of rebranding activities in the West Java TVRI environment is carried out by conducting socialization, the use of new attributes and property according to the manual book, the last is to make designs for on air or off air according to super graphics; (4) Supervision is carried out by direct supervision, supervision of fund management, and supervision in the form of a report (LPJ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: rebranding; lembaga penyiaran publik; fungsi manajemen
Subjects: Ethics of Recreation, Public Performances, Communication
Public Performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Ibnu Razak
Date Deposited: 21 Sep 2020 00:39
Last Modified: 21 Sep 2020 00:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33576

Actions (login required)

View Item View Item