Dewi Aisyah, Sinta (2020) Pengaruh metode ibrah mauizah dalam model pembelajaran student team achievement divisions terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akidah akhlak Di MTs Negeri 3 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
2_Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (788kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di MTs Negeri 3 Bandung, fenomena yang terjadi adalah merosotnya nilai akhlak pada siswa disebabkan oleh prestasi belajar siswa yang berbeda-beda, selama pembelajaran guru cenderung menggunakan metode konvensional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Prestasi belajar siswa menggunakan metode 'Ibrah Mauizah dalam model pembelajaran Student Team Achievement Divisions pada kelas eksperimen, 2) Prestasi belajar siswa menggunakan metode konvensional pada kelas kontrol, dan 3) Pengaruh metode 'Ibrah Mauizah dalam model pembelajaran Student Team Achievement Divisions terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Negeri 3 Bandung. Metode ibrah mauizah dalam model pembelajaran student team achievement division merupakan cara penyampaian materi ajar dengan menekankan pada hikmah dan pelajaran yang terkandung di dalam materi, dalam proses pembelajarannya siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Sedangkan prestasi belajar adalah hasil dari proses belajar siswa yang didapatkan dari pengalamannya dengan lingkungan. Penelitian ini ditempuh dengan studi kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Pendekatan ini dilaksanakan dengan melakukan pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, lalu pemberian treatmen pada kelas eksperimen. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 32 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kelas eksperimen didapatkan hasil peningkatan yang sedang. Rata-rata pretest sebesar 76,69 dan rata-rata postest sebesar 85,58, terdapat peningkatan sebesar 0,40 atau sebesar 40%. 2) Kelas kontrol didapatkan hasil peningkatan sedang, rata-rata pretest sebesar 78,97 dan rata-rata postest sebesar 81,87, terdapat peningkatan sebesar 0,13 atau 13%. 3)Berdasarkan hasil hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan hasil nilai statistik uji Z 1,67 > nilai tabel Z -0,99. Sehingga hipotesis H0 diterima, H1 ditolak Yang berarti bahwa metode ibrah mauizah dalam model student team achievement divisions berpengaruh sedang terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Bandung. Kata kunci: metode ibrah mauizah, model student team achievement divisions, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode ibrah mauizah; model student team achievement divisions; prestasi belajar; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sinta Dewi Aisyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 06:40 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33621 |
Actions (login required)
View Item |