Siregar, Sella Floristia (2020) Analisis keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 1 Katapang pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi serta menganalisis kendala yang dialami siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains. Metode yang digunakan adalah survey dan cross-sectional survey design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Katapang yang terdiri dari 6 kelas dan 204 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essai materi sistem ekskresi dan wawancara kendala siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis statistik deskriptif, serta analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkategori cukup dalam Keterampilan Proses Sains pada materi sistem ekskresi. Aspek yang dominan muncul pada siswa adalah aspek menyimpulkan 74,74% (baik), aspek bertanya 74,44% (baik), aspek mengamati 65,77% (baik), dan aspek merencanakan percobaan 63,97% (baik). Adapun 6 aspek lainnya adalah sebagai berikut: aspek mengklasifikasi 58,63% (cukup), aspek menggunakan alat dan bahan 57,59% (cukup), aspek memprediksi 52,08% (cukup), aspek menerapkan konsep 50,59% (cukup), aspek berkomunikasi 48,85% (cukup), dan aspek berhipotesis 35,06% (lemah). Kendala yang dialami siswa dalam menerapkan Keterampilan Proses Sains diantaranya: sulit memahami dan menghafal berbagai istilah, bagian organ dan proses yang terdapat dalam materi sistem ekskresi, kurang lengkapnya alat dan bahan yang akan digunakan untuk praktikum, serta terkadang terjadi kelalaian dalam praktikum yang membuat hasil tidak maksimal. Diharapkan setelah penelitian ini guru menerapkan berbagai model pembelajaran yang berfokus pada siswa salah satunya model Discovery Learning sehingga Keterampilan Proses Sains siswa dapat muncul dan berkembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains; Sistem Ekskresi; Siswa Kelas XI |
Subjects: | Biology Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sella floristia siregar |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 02:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 02:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33694 |
Actions (login required)
View Item |