Aktivitas belajar santri dalam mengikuti pengajian Qiraat hubunganya dengan kemampuan Tahsin Qiraatul Qur’an : Penelitiam terhadap santri putra pondok pesantren Al-Riyadl Cipanas-Cianjur

Rizki, Muhammad Tanthowi (2020) Aktivitas belajar santri dalam mengikuti pengajian Qiraat hubunganya dengan kemampuan Tahsin Qiraatul Qur’an : Penelitiam terhadap santri putra pondok pesantren Al-Riyadl Cipanas-Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER..pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di pondok pesantren al-riyadl yang telah mengadakan program pengajian qiraat, yakni timbulnya kesenjangan antara aktivitas belajar santri dengan kemampuan tahsin qiraatul qur’an santri yang masih rendah. Kesenjangan ini menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan bagaimana realitas aktivitas belajar santri mengikuti pengajian qiraat, bagaimana realitas kemampuan tahsin qiraatul qur’an santri dan bagaimana realitas hubungan antara aktivitas belajar santri dengan kemampuan tahsin qiraatul qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1).Aktivitas belajar santri mengikuti pengajian qiraat, 2).Kemampuan tahsin qiraatul qur’an dan 3). Hubungan antara aktivitas belajar santri mengikuti pengajian qiraat dengan kemampuan tahsin qiraatul qur’an. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, bahwa baik dan buruknya kemampuan tahsin salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas santri dalam mengikuti pengajian qiraat. Oleh karena itu, hipotesis yang saya ajukan, semakin baik aktivitas belajar santri mengikuti pengajian qiraat, maka semakin tinggi pula kemampuan tahsin qiraatul qur’anya. Begitupun sebaliknya. Metode penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 santri. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket, test, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitianmenunjukan bahwa: 1).Realitas aktivitas belajar santri mengikuti qiraat termasuk kategori cukup, yaitu sebesar 67% yang berada pada rentang 52%-68%. 2) Realitas kemampuan tahsin Al-Qur’an mereka termasuk kategori baik yaitu sebesar 78% yang berada pada rentang 68%- 83,99%. 3) Perhitungan uji normalitas sebesar 0,200 (0,200 > 0,05), artinya nilai residual tersebut terdistribusi normal dan tingkat kekuatan hubungan antara variabel aktivitas belajar qiraat dengan kemapuan tahsin santri dengan koefisien korelasi sebesar 0,946 sesuai dengan rentang (0,800–1,000 = Korelasi sempurna). uji regresi linear sederhana didapat persamaan Y= 5,116 + 0,265X dan koefisien determinasi sebesar 89% sisanya 11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Dan terdapat pengaruh dengan tingkat korelasi yang sangat tinggi antara aktivitas belajar santri mengikuti pengajian qiraat hubungannya dengan kemampuan tahsin qiraatul qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengajian Qiraat; Tahsin Qiraatul Qur’an; Santri
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Tanthowi Rizki Amanulloh
Date Deposited: 23 Sep 2020 00:56
Last Modified: 29 Sep 2020 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33698

Actions (login required)

View Item View Item