Pengaruh penerapan Metode Tasmi’ terhadap motivasi santri dalam menghafal Al-Quran di Rumah Quran Indonesia (RQI)

Fatmawati, Uneng (2020) Pengaruh penerapan Metode Tasmi’ terhadap motivasi santri dalam menghafal Al-Quran di Rumah Quran Indonesia (RQI). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan bahwa pada pesantren Rumah Quran Indonesia (RQI) terdapat metode menghafal al-Quran yang bernama metode tasmi’. Metode tasmi’ mampu membuat hafalan santri berkualitas, sebab ayat- ayat yang telah disetorkan akan dihafal kembali. Selain menghafal kembali ayat – ayat yang telah disetorkan, setiap harinya pun para santri diharuskan untuk menambah hafalan. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengetahui seberapa besar motivasi santri dalam menghafalkan kembali ayat – ayat yang telah disetorkan disamping dituntut untuk menambah hafalan. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode tasmi’ di Rumah Quran Indonesia (RQI), 2) Untuk mengetahui motivasi santri dalam menghafal al-Quran di Rumah Quran Indonesia (RQI), 3) Untuk mengetahui pengaruh metode tasmi’ terhadap motivasi santri dalam menghafal al-Quran di Rumah Quran Indonesia (RQI). Penelitian ini didasarkan kepada pemikiran bahwa kedudukan metode sebagai alat motivasi ekstrinsik, maka hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh positif yang signifikan penerapan metode tasmi’ terhadap motivasi santri dalam menghafal al-Quran dan sebaliknya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitaif deskriptif. Sementara itu, teknik yang digunakan ada 3 macam yaitu 1) observasi, 2) wawancara dan 3) angket. Adapun jumlah yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 34 santri. Setelah diperoleh datanya, kemudian data tersebut dianalisis dengan melakukan beberapa tahapan yaitu uji normalitas, uji regresi linier, uji koefisien korelasi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Setelah dianalis, kemudian dipaparkan hasilnya dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode tasmi’ kepada santri akhwat takhasus dikategorikan rendah dengan nilai rata – ratanya diperoleh sebesar 2,41. Hasil tersebut berada pada interval 1,80 – 2,59. 2) Motivasi santri dalam menghafal al-Quran tegolong cukup. Hal ini dapat diketahui dari hasil rata – ratanya sebesar 2,65. Hasil tersebut berada pada rentang 2.60 – 3.39. 3) Pengaruh penerapan metode tasmi’ dengan motivasi santri dalam menghafal al-Quran memperoleh nilai signifikan sebesar 0.003. Karena signifikannya lebih kecil dari 0.05 maka Ha diterima dan Ho di tolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan metode tasmi’ terhadap motivasi santri dalam menghafal al-Quran. Besar koefisien korelasi diperoleh nilai sebesar 0.491. Hasil tersebut menunjukkan pada kategori sedang atau cukup. Sedangkan hasil koefisien determinasi pada penelitian ini diperoleh nilai persentase sebesar 24.1%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode tasmi’ memberi pengaruh pada motivasi santri dalam menghafal al-Quran sebesar 24.1%. dan 75.9 % motivasi santri dalam menghafal al-Quran dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Tasmi’; Menghafal Al-Qurán
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Uneng Fatmawati
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:12
Last Modified: 23 Sep 2020 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33699

Actions (login required)

View Item View Item